• Pilihan

    TNI Amankan Pupuk Bersubsidi di Kerinci


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Komitmen anggota TNI untuk mengamankan distribusi alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan pupuk bersubsidi dari pemerintah sepertinya tidak main-main. Hal ini dibuktikan dengan adanya tindakan tegas di lapangan.

    Seperti yang terjadi pada Kamis (26/2) kemarin, anggota TNI berhasil mengamankan 17 karung pupuk bersubsidi jenis SP 36. diduga, pupuk tersebut akan dijual ke wilayah yang bukan peruntukannya.

    Informasi yang didapat Tribun, penangkapan pupuk tersebut sekitar pukul 11. 50 WIB siang, tepatnya di Desa Sungai Liuk, Kecamatan Pesisir Bukit. Penangkapan dilakukan oleh Serka Ridwan, yang merupakan Babinsa Ramil 417/06

    "Benar, siang tadi anggota TNI berhasil mengamankan pupuk bersubsidi. Barang bukti yang berhasil disita, sebanyak 16 karung pupuk bersubsidi jenis SP 36,"terang Dandim 0417 Kerinci, Letkol CZI Herfin Kartika Aji.

    Pupuk tersebut, diangkut oleh pemiliknya yang bernama Arif Arifin (43), dengan menggunakan mobil jenis Toyota kijang dengan nomor polisi BA 1728 QJ.

    "Pemilik pupuk ini adalah warga Desa Sungai Pegeh, Kecamatan Sulak, Kabupaten Kerinci, yang berprofesi sebagai petani," tambahnya.

    Indikasi awal, yang bersangkutan membeli pupuk untuk digunakan di wilayah Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Padahal, pupuk tersebut peruntukannya untuk wilayah Kecamatan Hamparan dan wilayah Sungaipenuh lainnya.

    "Saat ini barang bukti sudah diamankan di Makodim. Pembeli dan distributor pupuk tersebut juga sedang dimintai keterangan oleh anggota Intel," ungkap Dandim 0417 Kerinci, dihubungi via telepon.

    Usai diperiksa, penjual dan pemilik pupuk tersebut untuk sementara dipersilakan kembali ke rumahnya masing-masing, dengan catatan besok (Jumat.red), harus kembali membawa surat-surat lengkap termasuk izin menjual ke Makodim. "Mobil dan pupuknya tetap ditahan," tegasnya.

    Ditanya apakah ada keterlibatan anggota TNI atau Polri dalam penjualan pupuk ini? Dandim mengatakan tidak ada hubungannya dengan TNI dan Polri. "Siapa pun pemiliknya tetap ditindak," tambahnya.

    Sebelumnya, Dandim 0417 Kerinci, Letkol CZI Herfin Kartika Aji, sudah mengintruksikan kepada anggotanya, untuk memantau kios-kios pupuk yang selama ini melayani petani, dan juga distribusi Alsintan kepada masyarakat.

    "Sudah ada permintaan dari Jokowi (Presiden.red), agar TNI ikut mengawasi distribusi pupuk dan alat-alat pertanian," sebut Dandim Kerinci.

    Jika ditemukan adanya pemilik kios pupuk yang melakukan penyelewengan, Dandim mengaku tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas. "Jika ada anggota saya yang terlibat, maka langsung dipecat," tegasnya.

    Dana untuk pertanian, lebih dari Rp 35 triliun. Dana tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan dana untuk TNI dalam rangka pembelian Alusista. "Dananya besar, namun hanya sebagian kecil yang sampai ke masyarakat," bebernya.

    Untuk diketahui, Pascamelakukan penandatanganan MOU dengan Kementerian Pertanian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) mulai menjalankan tugasnya dalam melakukan pengawasan distribusi pupuk dan Alsintan.

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :TNI Amankan Pupuk Bersubsidi di Kerinci

    tribunjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: TNI Amankan Pupuk Bersubsidi di Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library