• Pilihan

    Drs.Jonni Mardizal Siap Maju Pilwako

    Joni_mardizal

    KERINCINEWS.COM, SUNGAIPENUH - Jonni Mardizal dengan nada serius mengakui sudah ada beberapa tokoh  dari Sungai Penuh yang meminta kesediaan nya untuk tampil pada ajang Pilwako yang akan digelar Desember tahun ini

    Dipentas Pemuda Nasional nama Drs.Jonni Mardizal sudah tidak asing lagi,ia dikenal dikalangan  DPP KNPI dan OKP-OKP kepemudaan baik di tingkat Nasional,Regional maupun di ditingkat Propinsi Jambi, maklum beliau termasuk pejabat teras di Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik dan salah dari sedikit   “Mendah Kincai” asal Sungai Penuh Jambi yang mampu berkiprah ditingkat Nasional.

     Drs.Jonni Mardizal,MM Sosok tokoh muda Sungai Penuh yang berkiprah di tingkat Nasional itu  lahir di Sungai Penuh,Kerinci pada 24 Maret 1962 dari pasangan H.Djanid Sjarief dan Hj.Noerjana Soek­arni, pendidikan dasar dan menengah di selesaikan di Kota Sungai Penuh, setelah lulus SMA ia melanjutkan pendidikan pada Fakultas Pendidikan Tekhnologi dan kejuruan jurusan tekhnik bangunan IKIP Negeri Padang-Sumatera Barat,tahun 2005 ia berhasil menyelesaikan pendidikan S2 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jambi, dan saat ini tengah mengikuti pendidikan S3/kan­didat Doktor Universitas Negeri Jakarta.

    Ayah dari dua orang putra,Pratama Nugraha dan Jaisyal Nugraha, memulai karirnya sebagai Guru STM Negeri 3 Medan, pernah bertugas pada bidang Dikmenjur di Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jambi. Jelang akhir t ahun 2007 ia Hijrah ke Jakarta dan menjabat kepala bidang organisasi kepemudaan, terakhir hingga kini ia dipercaya untuk menjabat Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda pada Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

    Sebagai Kepala Bidang Organisasi Kepemudaan dan saat ini dipercaya menjadi Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda, ia sering tampil dalam berbagai event kegiatan pemuda di tanah air, aktif mengikuti dan menyelenggarakan pela­tihan, diskusi dan berbagai seminar. Tahun 2009 ia dipercaya sebagai National Leader For Indonesia-Malaysia Youth exchange di Kuala Lumpur, pada tahun yang sama ia ikut terlibat secara langsung dalam pembahasaan UU Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan.

    Diantara beragam tugas Negara yang diembannya, ia juga harus memimpin pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka pada setiap peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus di Istana Negara.

    Meski aktif dalam berbagai kegiatan kepemudaan dan organisasi, ia men­ganggap tugas itu merupakan amanah dan kepercayaan yang harus disyukuri dan dijalani dengan sepenuh hati.

    Penerima Satya Lencana Karya satra 20 tahun ini juga terlibat secara aktif dalam organisasi kepemudaan dan menjadi Pembina dan majelis konsultasi Lembaga Swadaya Masyarakat Kelompok Peduli Suku Anak Dalam (KOPSAD) di Jambi. Dan Dewan Penyantun Lembaga Bina Potensia Aditya Mahatva Yodha Sungai Penuh dan Kerinci.

    Tahun ini  Drs. Jonni Mardizal,MM tengah mengikuti program pendidikan reguler angkatan  (PPRA) ke LIII  LEMHANNAS tahun 2015, beliau satu satunya  putra Jambi yang mengikuti PPRA ke LIII yang diikuti 115 orang peserta dari dalam dan luar negeri.,Program Pendidikan Lemhannas ini merupakan kawah candradimuka dalam mencetak  kader kader pemimpin nasional.

    Ketika dihubungi via telepin seluler  Jonni Mardizal dengan nada serius mengakui sudah ada beberapa tokoh  dari Sungai Penuh yang meminta kesediaan nya untuk tampil pada ajang Pilwako yang akan digelar Desember tahun ini. Sebagai putra Sungai Penuh, tentunya saya  memberi apresiasi dan menghargai kenginan beberapa tokoh Sungai Penuh yang menghendaki saya untuk menjadi  kandidat Walikota Sungai Penuh, secara prinsip saya setuju jika memang masyarakat serius menghendaki saya untuk maju, akan tetapi saya tidak menginginkan  terjadinya perpecahan diantara sesama  masyarakat   Sungai Penuh, untuk apa banyak tokoh yang tampil akan tetapi berujung kekalahan, saya tidak ingin suara masyarakat kita  menjad mubazir hanya karena  ego dan mau menang sendiri”Kata Jonni Mardizal.

    Bagi saya  siapapun yang mau tampil perlu kita dukung,akan tetapi kita juga harus mampu mengukur kekuataan lawan tanding( Incumben) yang tangguh, sebaiknya  tokoh- tokoh dan elite politik yang ada di bekas Kemendapoan Sungai Penuh  menyatukan persepsi yang sama dan yang lebih penting  saat ini  dibutuhkan pemimpin  yang Visioner dan punya  niat benar- benar mau memimpin  bukan mau jadi penguasa.

     Menjawab pertanyaan tentang prasyarat yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin  khususnya untuk menjadi Walikota  ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi,sedikitnya ada   5 N yang  harus dimiliki tokoh tokoh yang mau maju pada Pilwako mendatang,  kelima unsur N itu ialah: Setiap pemimpin harus punya Niat, dengan arti kata untuk menjad Walikota niat Cuma satu yakni ingin membangun negeri dan mesejahterakan masyarakat,bukan ingin memperkaya diri atau kelompok dan harus membuang jauh niat untuk menggerogoti, Kedua  setiap calon pemimpin Kota Sungai Penuh harus memiliki Nilai Integritas, Ketiga ia harus memiliki ilmu pengetahuan  dan seni untuk memimpin, keempat sosok walikota Sungai Penuh harus mampu membangun jaringan (Net Working) dan kelima  calon walikota harus punya Nyali atau keberanian untuk menegakkan aturan dan tidak melakukan politik tebang pilih.

    Menurut Asdep Pengembangan standarisasi Deputi 5 Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga republik Indonesia , saat ini masyarakat Sungai Penuh sangat membutuhkan sosok figur pemimpin yang Visioner dan punya niat mau memimpin bukan punya niat untuk menjadi penguasa.

     Menjawab pertanyaan Mantan  Siswa Teladan Nasional  alumni  SMA.Negeri 1 Sungai Penuh itu, sejak beberapa tahun terakhir  wajah dunia pendidikan di Kota Sungai Penuh  berjalan mundur 20-30 tahun, Kota Kota yang baru lahir di Jambi seperti Sarolangun, Bangko, Bungo,Tebo,Muara Jambi  pembangunan  dunia pendidikan di daerah mereka tumbuh cepat,sedangkan di Kota Sungai Penuh pembagunan dunia pendidikan terutama Perguruan Tinggi banyak yang dilakukan oleh pihak swatas/yayasan,dan merekapun berjalan dengan kemampuan mereka sendiri.

    Dilain pihak lulusan SLTA yang  dihasilakn oleh lembaga pendidkan di Kota Sungai Penuh prestasinya cukup memprihatinkan, sangat sedikit lulusan SLTA di Kota Sungai Penuh yang diterima di Perguruan tinggi Negeri ternama seperti IPB,ITB,UI, ironisnya ditingkat Daerah Propinsi Jambi  alumni SLTA dari Kota Sungai Penuh kalah bersaing dengan siswa siswa dari daerah lain


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Drs.Jonni Mardizal Siap Maju Pilwako

    newspaper.co.id
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Drs.Jonni Mardizal Siap Maju Pilwako Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library