• Pilihan

    Penemuan Batu Akik Berlanjut di Sungai Deras-Kerinci

    Giok Kerinci sunngai dareh

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Penemuan lokasi batu akik di Kabupaten Kerinci sepertinya belum berakhir. Beberapa hari ini ditemukan lagi lokasi batu akik yang berwarna hijau di Desa Sungai Deras, Kecamatan Air Hangat Timur, Kerinci.

    Tim harianjambi.com  menyempatkan diri kelokasi penemuan batu akik. Jaraknya hanya 1 Km dari perkampungan warga Desa Sungai Deras. Lokasi penemuan batu akik ini masih di Kecamatan Air Hangat Timur, Kecamatan yang sama penemuan batu akik sebelumnya.

    Pantauan dilokasi batu akik berwarna hijau tersebut berada didalam Sungai kecil didalam perkebunan warga. Bongkahan batu diperkirakan dengan tinggi 2 meter dan panjang sekitar 5 meter. Berat batu diprediksi puluhan ton.

    Pengamatan harianjambi.com, kualitas batu akik Sungai Deras cukup bagus, karena sedikit mengandung kapur. Walaupun demikian batu yang baru biasa diambil warga belum berkualitas super atau kadar kristalnya tinggi. Hal ini dikarenakan tebalnya kulit batu, sehingga warga sulit mendapatkan batu berkualitas bagus, karena terkendala peralatan.

    Kepala Desa Sungai Deras, Helmi mengatakan, yang pertama kali menemukan batu akik tersebut adalah sekelompok pemuda Desa Sungai Deras. “Yang pertama kali menemukan para pemuda, yakni Eldino, Mika, Letria, Murlis, Alyanto, Enggun dan Dendi,” ungkapnya.

    Dikatakannya, belum banyak warga yang mengetahui lokasi batu akik tersebut, sehingga belum banyak warga yang kelokasi penemuan batu akik. “Baru warga disini yang tahu lokasi batu akik tersebut, itu pun belum banyak,” ucapnya.

    Ketua Pemuda Desa Sungai Deras menambahkan, pihaknya masih membebaskan warga lokal maupun warga dari daerah luar mengambil batu tersebut. “Sampai sekarang kita tidak memungut biaya apapun,” pungkasnya


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Penemuan Batu Akik Berlanjut di Sungai Deras-Kerinci

    harianjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Penemuan Batu Akik Berlanjut di Sungai Deras-Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library