• Pilihan

    Petani Kerinci Sulit Dapatkan Pupuk SP 36, Ini Kata Elyusnadi

    Rebutan Pupuk

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Petani Kabupaten Kerinci kesulitan mendapatka Pupuk jenis SP SP 36 atau biasa disebut pupuk hitam oleh petani, beberapa petani di Kecamatan Air Hangat Timur, mengaku kesulitan mendapat pupuk hitam bersubsidi, padahal padi mereka sudah harus di pupuk.

    Menurut Misna salah seoarang petani di Kecamatan Air Hangat Timur pada harianjambi.com  mengatakan dirinya sulit mendapatkan pupuk pupuk hitam, (SP 36). " Saya sudah tanya kepengercer pupuk bersubsidi, pupuk hitam tidak ada datang, sementara kami saat ini butuh pupuk hitam, kami tanya di tempat lain juga tidak dijual," ujarnya.

    Dikatakanya, kalaupun ada di lain tempat harganya naik menjadi Rp.3500 perkilonya dan ini tentu kemahalan bagi kami petani. "Kami biasa beli Rp. 3000, sekarang harganya sudah menjadi Rp.3500/ Kg,kami berharap pupuk bersubsidi jangan ada kenaikan harga," ungkapnya.

    Sementara itu, salah satu pemilik kios pupuk bersubsidi yang minta namanya tidak disebutkan mengatakan bahwa pupuk hitam memang tidak datang. "Ya, Pupuk hitam memang tidak di kios kami, bukan kami tidak mau jual, dari distributor yang tidak mengirim kekami, kalau untuk kota Sungaipenuh sudah datang semua pupuk Hitamnya," jelas salah seorang agen resmi pupuk bersubsidi.

    Sementara itu, Elyusnadi Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kerinci meminta distributor harus tanggungjawab tidak adanya pupuk hitam di beberapa kios di Kerinci, kenapa sampai tidak ada.

    "Distributor harus tanggung jawab kenapa tidak ada di beberapa kios di Kerinci sementara petani saat ini membutuhkan pupuk tersebut, akakah sudah tercecer atau di jual dilain tempat," sebutnya kemarin.

    Elyusnadi menambahkan kalau memang tidak ada maka distributor harus cepat mengadakan pupuk tersebut. "Kita minta pengecer untuk mengecek ini kenapa bisa tidak ada, padahal pemerintah sudah mengajukan kebutuhan pupuk di setisap desa," ungkapnya.

    Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kerinci, Azhari mengatakan bahwa dirinya belum mengetahuinya karena saat ini sedang di luar daerah."Coba  kami akan cek dulu, saya sedang di Jambi," katanya. 

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Petani Kerinci Sulit Dapatkan Pupuk SP 36, Ini Kata Elyusnadi

    harianjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Petani Kerinci Sulit Dapatkan Pupuk SP 36, Ini Kata Elyusnadi Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library