• Pilihan

    Puluhan Ribu TKI Asal Kerinci Ternyata Illegal


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kerinci yang bekerja di luar negeri ternyata illegal. Keberangkatan mereka tidak mengikuti standar prosedur yang seharusnya.

    Hal ini dikatakan Kabid Lantasit dan Statuskin Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Afrizal usai acara Rapat Koordinasi (Rakor) upaya peningkatan pelayanan terhadap calon TKI di ruang utama Bupati Kerinci, Rabu (18/3).

    “TKI asal Kerinci termasuk Sungaipenuh yang terdata di kedutaan besar Indonesia di luar negeri sebanyak 48 ribu orang. Namun, yang terdaftar di kantor Imigrasi hanya 1800 orang, selebihnya illegal,” ujar Afrizal.

    Dia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci dapat membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang pendataan warga Kerinci yang akan keluar negeri. Dimana, setiap warga yang akan membuat paspor harus mendapatkan rekomendasi dari Dinsosnakertrans Kerinci.

    Sementara, Kepala Dinsosnakertrans Provinsi Jambi, H M Dianto mengatakan, dalam pelayanan para TKI diharapkan RSUD di Kerinci dapat menyediakan pelayanan medical check up bagi para calon TKI. Kemudian dengan berdirinya kantor Imigrasi di Kerinci dapat memudahkan calon TKI membuat paspor.

    “Kalau melalui mekanisme yang legal, Pemerintah bertanggungjawab atas masalah yang menimpa TKI selama di luar negeri. Kalau illegal, bermasalah, datanya tidak ada dengan kita, tanggung sendiri akibatnya,” cetusnya.



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Puluhan Ribu TKI Asal Kerinci Ternyata Illegal

    jambiupdate.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Puluhan Ribu TKI Asal Kerinci Ternyata Illegal Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library