• Pilihan

    Sehari 50 Kubik Kayu Keluar dari Taman Nasional Kerinci Seblat


    KERINCINEWS.COM, MUSIRAWAS - Pembalakan liar di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), kian hari semakin mengkhawatirkan. Hal ini membuat Kelompok Study Konservasi (KSK) Hutan Lindung Kota Lubuklinggau-Mura-Muratara mendesak Pemerintah agar lebih meningkatkan pengamanan terhadap kawasan TNKS. Pasalnya, saat ini telah terjadi pembalakan liar besar-besaran terhadap kawasan konservasi hutan.

    Koordinator KSK, Rika Inasari menjelaskan, setiap hari sedikitnya ada 20 sampai 50 kubik kayu yang diduga dari kawasan TNKS keluar dari dua Kecamatan yakni Karang Jaya dan Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Muratara tanpa ada yang berusaha untuk menghentikannya.

    "Kami banyak mendapat informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi aktifitas pembalakan kayu di dalam wilayah TNKS, kegiatan ini telah berlangsung cukup lama, informasinya kayu-kayu tersebut diangkut dengan menggunakan truck dan diduga kayu-kayu tersebut berasal dari hulu sungai," terang Rika saat dibincangi, Minggu (1/3/2015).

    Dijelaskannya, padahal hulu sungai di wilayah tersebut berada di dalam kawasan TNKS. Pihaknya juga mencium ada pihak-pihak yang ikut serta atau terlibat dalam kegiatan pembalakan liar ini.

    Jika hal ini terus dilakukan, maka diperkirakan sekitar 10 sampai 20 tahun mendatang TNKS hanya tinggal cerita dan generasi yang akan datang akan menerima dampak dari aksi ilegal ini.

    "Banjir Bandang, kekeringan, naiknya suhu, dan bencana lainnya dimungkinkan akan terjadi. Jika hal ini tetap dibiarkan, bencana pasti akan terjadi yang bakal dirasakan oleh generasi selanjutnya," ungkapnya.

    Rika berharap, upaya penyelamatan kawasan TNKS ini harus segera dilakukan. Ia juga mengungkapkan bahwa persoalan TNKS ini merupakan masalah bersama, baik itu pemerintah, Balai TNKS, Dinas Kehutanan, organisasi non pemerintah (Ornop), organisasi kemasyarakat dan khususnya masyarakat yang ada di sekitar kawasan TNKS.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Sehari 50 Kubik Kayu Keluar dari Taman Nasional Kerinci Seblat


    sriwijayapost.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sehari 50 Kubik Kayu Keluar dari Taman Nasional Kerinci Seblat Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library