• Pilihan

    Terungkap, Ini Cara Baru Pemburu Tangkap Harimau Sumatera

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Para pemburu Harimau Sumatera ternyata memiliki banyak akal untuk membunuh si kucing hutan tersebut, selain ditembak dan dijerat, para pemburu juga menggunakan cara lain yakni dengan diracun. 

    Penggunaan racun untuk membunuh harimau sumatera dinilai lebih efektif, ketimbang menggunakan senjata api atau jeratan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

    Informasi yang diperoleh dari sejumlah sumber, racun yang digunakan oleh pemburu yakni jenis korater, yang selama ini dimanfaatkan sebagai pupuk, sehingga mudah ditemui dipasaran.

    Ada trik yang digunakan pemburu untuk meracun satwa yang menjadi ikon Jambi, yakni dengan memasukkan racun kedalam bangkai anjing atau pun binatang lain yang dijadikan umpan, untuk memancing kedatangan Panthera tigris Sumatrae.

    “Ya, penggunaan korater untuk meracun harimau, karena mudah didapatkan di pasaran, dan hasilnya sangat akurat. Disamping itu, aroma korater tidak membuat harimau curiga dan takut memakannya,” terang sumber yang enggan namanya ditulis.

    Lantas bagaimana cara agar harimau mau memakan umpan yang sudah diracun? karena selama ini, harimau dikenal sebagai pemangsa yang tidak mau memakan bangkai yang sudah mati sebelum dimangsa.

    Untuk melakukannya ternyata cukup mudah. Sebelum memasukkan racun kedalam umpan, pemburu terlebih dahulu meletakkan umpan dalam kondisi hidup, didalam hutan dekat harimau sumatera berkeliaran.

    Pemburu sengaja membiarkan targetnya memangsa umpan, namun tidak dibiarkan sampai habis. “Ketiga umpan masih tersisa setengah, kemudian harimau dikejutkan dengan suara meriam karbit atau spirtus. Harimau yang terkejut, kabur meninggalkan mangsanya,” jelasnya.

    Karena sudah mengetahui secara persis bagaimana sipat harimau sumatera, yang akan kembali lagi mengambil mangsanya yang ditinggalkan, saat itulah pemburu memasukkan racun kedalam sisa umpan yang ditinggalkan.

    “Dalam waktu singkat, harimau yang terkenal dengan keganasannya, bisa dilumpuhkan tanpa adanya perlawanan, serta modal yang tidak terlalu besar,” tambah sumber, yang mengaku pernah melihat peristiwa tersebut dilapangan.

    Jika menggunakan senjata api, kemungkinan ketahuan oleh petugas dan masyarakat sangat besar, karena letusannya yang kuat. Demikian juga dengan menggunakan kawat baja, disamping harganya mahal juga mudah disisir oleh petugas TNKS.

    “Dikawasan renah pemetik, warnya yang melihat harimau dan menunjukkan jejaknya, akan dibayar oleh pemburu dan kemudian meracunnya. Satu harimua bisa terjual seharga puluhan juta,” tegasnya.

    Kepala Seksi Wilayah I Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Agusman, mengakui harimau di renah pemetik sudah banyak berkurang. Dulunya merupakan habitat harimau sumatera. Namun dalam beberapa tahun terakhir, harimau dikawasan itu seolah menghilang.

    “Biasanya bisa terpantau melalui kamera trap. Tapi sekarang tidak ada lagi. bahkan jejaknya pun sudah jarang ditemukan, padahal petugas kita selalu melakukan survey secara rutin,” tuturnya.

    Dia pun berharap, dengan tertangkapnya pelaku, populasi harimau sumatera bisa lebih terjaga, dan tidak berada dalam ancaman pemburu luar. ”Harimau harusnya menjadi kebanggan masyarakat jambi,” tandas Agusman


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Terungkap, Ini Cara Baru Pemburu Tangkap Harimau Sumatera

    harianjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Terungkap, Ini Cara Baru Pemburu Tangkap Harimau Sumatera Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library