• Pilihan

    Wapres Garansi PLTA Kerinci Selesai Tahun Ini

    Jusuf Kalla PLTA Kerinci
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Kerinci, Wapres garansi akan selesai tahun ini. Begitu tegas disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla di sela-sela melakukan kunjungan kerja ke provinsi tersebut, Sabtu (28/3).

    "Insya Allah tahun ini ya," ujar JK, begitu ia disapa, sebagaimana dikutip JPNN.

    Menurut JK, proyek pembangunan PLTA itu berjalan lamban karena PLN belum siap menjalankannya. Sayangnya, JK tidak merinci persiapan yang belum dilakukan PLN tersebut.

    "Sekarang dalam negosiasi dengan PLN. Semua sudah siap, PLN-nya belum siap," sambung JK.

    Sebelumnya proses pembangunan PLTA Kerinci sempat terhenti karena PLN minta kepada PT Bukaka Grup,  menambah kekuatan dari kekuatan 180 mega watt (MW) meningkat menjadi 350 MW. Tak hanya itu PLN maupun PT Bukaka juga belum sepakat mengenai harganya.

    Dalam proyek ini, PT Bukaka Grup milik Ahmad Kalla, adik JK siap menginvestasikan dana Rp 9 triliun untuk membangun PLTA di Kabupaten Kerinci. Padahal rencana awal akan dibangun pembangkit listrik dengan kekuatan 180 MW dengan estimasi dana yang akan dibutuhkan sebesar Rp 5 triliun.

    Namun belakangan, PLN menginginkan tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar, yakni mencapai 350 MW. Peningkatan kapasitas juga berimbas kepada kebutuhan dana yang lebih besar dibandingkan dengan rencana awal, yakni mencapai Rp 9 triliun, karena mesin, terowongan, dan peralatan lainnya, juga harus lebih besar dibandingkan dengan yang sudah disiapkan.

    PT Bukaka Grup sebelumnya mengaku siap menginvestasikan dana tersebut, dengan catatan sudah ada kejelasan kontrak dengan PLN


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Wapres Garansi PLTA Kerinci Selesai Tahun Ini

    rmol.co
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wapres Garansi PLTA Kerinci Selesai Tahun Ini Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library