• Pilihan

    Gunung Kerinci Keluarkan Asap Puluhan Meter


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Gunung Kerinci di Jambi, Sumatera, termasuk di antara gunung api di Indonesia yang berstatus waspada. Gempa vulkanik terjadi setiap harinya di gunung ini. Gempa itu disertai embusan asap setinggi puluhan meter dari kawah gunung, Kamis 6 Februari 2014.

    Asap tersebut muncul sejak awal pekan ini. Data seismograf di posko pemantau Gunung Kerinci di Desa Kayo Aro mencatat gempa vulknaik terjadi sekitar 4-5 kali per hari. Aktivitas vulkanik gunung tersebut cenderung meningkat.

    Status Gunung Kerinci yang berada di level waspada telah diantisipasi petugas sejak akhir tahun lalu dengan menutup jalur pendakian sejauh tiga kilometer dari puncak kawah gunung.

    Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meminta warga tak risau dengan status waspada gunung api. “Makna dari status waspada adalah ada kenaikan aktivitas di atas level normal, apapun jenis gejalanya. Tapi tidak kritis,” kata Sutopo.

    Pada level waspada, yang diperlukan adalah sosialisasi, kajian bahaya, pengecekan sarana, dan pemantauan. Bila naik ke level III atau siaga, barulah gunung masuk ke kondisi kritis yang dapat berlanjut ke letusan atau kondisi yang dapat menimbulkan bencana

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gunung Kerinci Keluarkan Asap Puluhan Meter Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library