• Pilihan

    HMI Kerinci Minta Pembangunan Museum Adat Dikaji Ulang

    Diskusi HMI

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Rencana Pembangunan Museum Adat di Hamparan Besar Tanah Rawang yang telah di anggarkan DPRD  Kota di dalam APBD Kota Sungai Penuh  seperti yang disampaikan oleh Walikota Sungai Penuh Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA menuai kritik dari berbagai kalangan masyarakat termasuk sejumlah para Pemangku Adat  di alam Kerinci.

    Dalam diskusi Kebudayaan Kerinci yang di gagas oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Kerinci  Sabtu  (25/4), kembali menghangat setelah beberapa orang aktifis HMI Cabang Kerinci mempertanyakan  hal ini dalam forum dialog Solusi bersama HMI.

    Hal itu diungkapkan, Randa Pratama Sekretaris Umum  HMI Cabang Kerinci, Menurutnya perlu ada kejelasan tentang status bangunan yang akan dibangun di kawasan tanah Sebingkeh atau di Hamparan Besar Tanah Rawang.

    “Saya selaku pengurus HMI Cabang Kerinci dan sebagai pribadi warga kerinci menyayangkan Rencana pembangunan musium adat oleh Pemerintah Kota Sungai Penuh tidak dilakukan musyawarah terlebih dahulu dengan Depati,Ninik mamak /Pemangku adat se alam Kerinci. “Ungkapnya.

    Agar tidak menimbulkan kontrovrsi di kemudian hari, HMI meminta pemerintah untuk mengundang Depati Ninik/Mamak, terutama soal penamaan, sehingga fungsi bangunan ini memang benar-benar sebagai pemersatu.

    Bj Rio Temenggung selaku narasumber mengatakan, Untuk menegakkan Wibawa Adat dan wibawa  Pemangku Adat, saya Mohon agar Museum Adat Kota Sungai Penuh  yang dibangun di Hamparan Besar Tanah Rawang untuk dikaji ulang dengan pertimbangan Tanah di Hamparan Besar Tanah Rawang  bukan milik Pemerintah Kota Sungai Penuh,yang benar Hamparan Besar Tanah Rawang adalah milik seluruh Depati IV- 8 Helai Kain dan milik semua  masyarakat suku Kerinci yang ada di alam Kerinci



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :HMI Kerinci Minta Pembangunan Museum Adat Dikaji Ulang

    masurai.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: HMI Kerinci Minta Pembangunan Museum Adat Dikaji Ulang Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library