• Pilihan

    Kepala Sekolah di Kerinci Ini Dituding Korupsi Dana Bos

    Korupsi BOS di Kerinci

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kepala SMP 4 Kerinci dituding oleh sejumlah guru di sekolah tersebut menyelewengkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) selama beberapa triwulan. Oknum guru di sekolah itu mengatakan, dana BOS, sejak dikelola Zulfadli selaku kepala sekolah, tidak jelas kegunaannya.

    "Triwulan tiga dana BOS tahun 2014 hanya Rp 25 juta dari Rp 50 juta, dan di pegang Kepala Sekolah Rp 50 juta. Sisa tidak jelas ke mana," jelas sumber Tribun yang enggan namanya ditulias.

    Sementara dana Bos triwulan keempat tahun 2014, hanya digunakan kepala sekolah Rp 32 juta dari Rp 72 juta. "Kepala sekolah hanya membayar sebagian honor-honor kegiatan, pembelian ATK ala kadarnya," tambahnya.

    Demikian juga dengan dana BOS tahun 2015 pada triwulan satu sebesar Rp 81 juta, yang digunakan hanya Rp 31 juta. "Kalau dijumlahkan sejak ditunjuk sebagai kepala sekolah, diduga sudah menggelapkan dana BOS Rp 115 juta,” tambahnya. Selain dana BOS, ada lagi dana rutin yang berjumlah Rp 100 juta dan dana pendamping induk klaster sebesar Rp 20 juta. 

    Kepala Sekolah SMPN 4 Kerinci, Zulfadli, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan tuduhan itu sah-sah saja. Dia menyebut hal itu berarti oknum guru yang telah membuka data-data itu kepada awal media, peduli dengan kegiatan yang dilakukan kepala Sekolah.

    "Dana BOS memang saya yang pegang, dan saat ini dana untuk pembelian masih ada dengan saya, dan belum dibuatkan SPJ-nya. Untuk realisasinya ada. Ini karena saya selaku penanggungjawab," jelasnya.

    Dikatakannya, untuk triwulan empat dirinya menerima Rp 72,2 juta. Dana tersebut ada realisasinya. "Ini yang ribut ini karena tidak dapat, kenapa tidak dapat? Karena tidak mau terlibat dalam kegiatan," tambahnya.

    Untuk triwulan IV tahun 2014 masih ada dana Rp 72 juta, dan triwulan pertama tahun ini dana BOS Rp 82 juta. "Dana tersebut ada SPJ-nya seperti untuk honor guru, itu sudah ada SPJ-nya, selebihnya ada dana yang tidak terduga.

    Dia menambahkan, memang ada yang beberapa orang tidak senang dengan dirinya sehingga meributkan persoalan di sekolah ke luar. "Pembelanjaan yang saya keluarkan, saya tidak asal dibuat-buat saja," ucapnya

    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Kepala Sekolah di Kerinci Ini Dituding Korupsi Dana Bos

    tribunjambi.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kepala Sekolah di Kerinci Ini Dituding Korupsi Dana Bos Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library