• Pilihan

    Berpotensi Dilakukan Kandidat Cagub Jambi Selama Ramadhan


    Zumi Zola HBA
    KERINCINEWS.COM, JAMBI – Pengamat Politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Korwil Sumatera Barat-Jambi, Edi Indrizal mengatakan, Ramadhan ini peluang para kandidat mencuri start sangat terbuka.

    “Potensi terjadinya politisasi keshalehan kandidat cukup besar. Apalagi kandidat yang memiliki keahlian ceramah,” katanya.

    Dengan begitu, kekhawatiran tersebut seharusnya diantisipasi penyelenggara. Apalagi, bila kandidat sudah masuk dalam ranah masjid melakukan kampanye yang dikemas dalam bentuk khotbah. Jika ada, ini perlu pengawasan serius. “Selain itu potensi terjadinya money politic berkedok sedekah diprediksi marak,” ungkapnya.

    Untuk menghindari hal itu, masyarakat diminta cermat melihat kandidat yang memanfaatkan momen Ramadhan. Para kandidat sebaiknya tidak perlu mempolitisasi Ramadhan untuk kepentingan Pilkada. Pasalnya, dampak yang ditimbulkan bisa sangat negatif ke masyarakat umum.

    Sementara bila kandidat hanya memanfaatkan moment keagamaan untuk kepentingan politik, padahal sebelumnya tidak pernah terlibat di keagamaan, justru malah menjadi blunder. “Tingkat pencitraan semu seperti itu justru blunder jadinya. Justru semakin membuat orang tidak simpati,” bebernya.

    Jika ada kandidat yang curi start di Ramadhan ini, Edi menyebutkan, ini merupakan konsekuensi Undang-Undang Pilkada sekarang. “Waktu yang bebas itu dimanfaatkan oleh kandidat. Tinggal efektifnya saja yaitu hingga bulan Juli. Setelah Juli, itu berbagai hal kontrolnya dari KPU. Pemanfaatan acara dibatasi. Kegiatan diatur jumlah dan lainnya. Artinya kandidat memang memanfaatkan moment dan waktu,” tandasnya.




    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Berpotensi Dilakukan Kandidat Cagub Jambi Selama Ramadhan Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kito
    Scroll to Top
    //add jQuery library