• Pilihan

    Budi Isman Ekonom Indonesia Beri Sinyal Dukung Herman Muchtar pada Pilwako

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Dikalangan pengusaha Nasional dan Internasional sosok Budi Satria Isman,MA telah dikenal luas, pria kelahiran Sungai Penuh Propinsi Jambi tanggal 23 Maret 1962 ini dikenal sebagai seorang salah seorang ekonom,profesional, pengusaha Indonesia yang lahir dari rahim ranouh alam kincai dan merupakan anak jantan dari wilayah adat Depati Nan Bertujuh Sungai Penuh.

    Budi Satria Isman adalah putra dari Prof. DR. Jakub Isman (alm) dan Sarmeini Isman,-Ayahanda Budi Isman Almarhum Prof.Dr.H.Yakub Isman adalah sosok tokoh pendidikan yang berasal dari wilayah Adat Depati Nan Bertujuh, pada saat beliau menjadi Dosen dan Rektor IKIP Padang 1973- 1982 ratusan putra-putri dari alam Kerinci berhasil ditetas menjadi sarjana Ilmu Pendidikan yang pada periode berikutnya para sarjana didikan Profesor Yakub Isman menyebar menjadi tenaga pendidik di Propinsi Jambi dan di alam Kerinci Khususnya.

    Untuk mengenal lebih dekat sosok Budi Satria Isman seorang sosok pengusaha dan ekonom Indonesia, wartawan media ini Budhi VJ Rio Temenggung Kamis yang lalu melakukan wawancara khusus di Hotel Kerinci Jalan Kapten Muradi Kota Sungai Penuh.

    Meski terkesan agak lelah setelah seharian mengunjungi sejumlah sentra pertanian dan perkebunan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, pria berperawakan tinggi dan ramah ini menerima kunjungan wartawan media ini.

    Hasil waancara dan diskusi bersama Budi Satria Isman,MA di Rangkum dalam laporan khusus, Budi Satria Isman ,MA pada tahun Tahun 1986 - Bachelor of Science in Business Administration (BSBA), Financial Management dari The American University, Washington DC, USA. Dan pada tahun 1987 - Master of Arts in Organization Management dari The George Washington University, Washington DC, USA.

    Seorang sahabat di Jakarta H.Yozerizal Zis , kepada penulis pernah mengatakan bahwa Budi Satria Isman,MA adalah seorang mantan profesional, berkali kali memimpin perusahaan multinasional dengan hasil yang cemerlang, beliau memilih pensiun muda dan melanjutkan kehidupannya sebagai socioentrepreneur. Saat ini beliau sudah mengabdikan diri untuk membangun UKM indonesia dengan membangun ekosistem wirausaha. Budi Isman tau seluk-beluk permasalahan yang dihadapkan UKM dan dia sudah menemukan jalan keluarnya.

    Berbicara tentang mengalaman sebagai pengusaha dan ekonom Budi Satria Isman pernah menjadi CEO Mikro Investindo Utama dan pernah menjabat posisi kunci di beberapa perusahaan multi nasional, diantaranya sebagai Direktur Group di perusahaan Coca Cola Amatil Indonesia, juga pernah sebagai Presiden Direktur di Sari Husada, sebuah perusahaan besar produsen susu merek SGM yang sekarang menjadi bagian dari perusahaan Perancis, Danone.

    Sebuah catatan menyebutkan bahwa sebelumnya Budi pernah bekerja di-berbagai perusahaan minyak milik asing, seperti Mobil Oil, baik yang di Amerika maupun di Indonesia, dan di Shell Indonesia. Pada tahun 2011 ia menduduki jabatan sebagai Direktur Penjualan dan Distribusi PT Avrist Assurance.

    Diluar kegiatannya sebagai profesional di perusahaan besar dan pengusaha, Budi juga aktif sebagai pembicara di berbagai seminar, pelatih business di perusahaan besar dan asing, penasehat perusahaan dan pegiat sosial melalui yayasan yang dirikannya yaitu Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Mandiri atau lebih dikenal ProIndonesia.

    Budi juga menulis buku “7 Steps to Reach Your Dream" , yang diterbitkan oleh penerbit Tiga Serangkai.
    Dalam acara Talkshow Oneintwenty Movement di Balai Kartini Jakarta bulan april yang lalu menyebutkan bahwa sebelum menjadi CEO Smartpreneour Pro Indonesia ( Gerakan Kewirausahaan) ternyata waktu kulaih dulu ia sempat empat kali drop out alias di keluarkan dari perkuliahan di Perguruan Tinggi di Indonesia yakni mulai dari ITB,Universitas Andalas,Akademi Bahasa hingga Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

    Alasan seringnya di D O kan dari perguruan Tinggi karena alasan yang sangat sederhana,ia merasa kuliah hanya karena untuk menyenangkan hati kedua orang tuanya saja, mungkin karena usia baru 16 tahun, tapi sudah kuliah jadi bosan sehingga drop out, demikian juga saat kuliah d UI juga untuk menyenangkan hati kedua orang tua, karena pada masa itu banyak menteri-menteri adalah lulusan dari Universitas Indonesia, barulah pada usia 20 tahun,Budi Isman Muda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat dengan duit sendiri yang diperoleh dari usaha bisnis yang ia lakukan.

    Menjawab pertanyaan tentang keprihatinan terhadap kondisi Kota Sungai Penuh saat ini, dengan nada diplomatis Budi Satria Isman,MA mengemukakan bahwa kita perlu mengkaji mau dibawa kemana arah Pembangunan Kota Sungai Penuh kedepan, jika kita ingin Kota Ini menjadi Kota Pendidikan berarti kita membutuhkan sosok figur pemimpin yang memiliki latar berlakang seorang sosok pendidik.

    Jika kita menginginkan Kota Sungai Penuh menjadi Kota Jasa,Industri perdagangan atau Kota Wisata, maka kita membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki latar belakang entrepreneour yang bisa menggali dan menjual potensi Kota Sungai Penuh, dan yang tak kalah pentingnya bagaimana kedepan kita bisa menciptakan lapangan kerja dan membekali para anak-anak muda terutama lulusan perguruan tinggi yang ada untuk menanamkan jiwa entrepreneour dan tidak hanya tergantung menjadi seorang PNS yang saat ini kesempatan semakin sulit dan sempit.

    Menurut Dewan Pembina dan Founder Smartpreneur.net mengatakan siapapun bisa bergerak membangun ekosistem wirausaha. Bahkan tanpa harus menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)."Gerakan ini murni dilakukan oleh para relawan. Konsep Oneintwenty adalah menciptakan 1 dari 20 orang Indonesia untuk menjadi wirausaha," sebutnya.

    Jika ini tercapai, jumlah wirausaha akan berjumlah 5 persen dari total penduduk. Sekarang jumlahnya baru 1,65 pesen, dan Budi mengaku saat ini jumlah wirausaha di Indonesia mencapai 56,5 juta orang. Namun demikian, 99,8 persen masih bergerak di sektor mikro dan informal. Oleh karena itu, dia juga berupaya agar 1 juta wirausaha mikro bisa naik kelas.

    Lebih lanjut, menurutnya, wirausaha Indonesia menghadapi berbagai masalah. "Mereka masih kekurangan pengetahuan tentang wirausaha, keterbatasan menjangkau pasar, akses permodalan, minim teknologi, serta belum mengerti legal dan hak paten," imbuhnya.

    Oleh karena itu, Budi dan rekan-rekannya juga menggelar berbagai acara yang bertujuan menguatkan ekosistem wirausaha di Indonesia. Beberapa acara yang dibuat antara lain mencetak pelatih bisnis, membuat sistem e-monitoring UMKM, membuat media sosial www.onein20.com. Selain itu, dia juga menggandeng CEO perusahaan, pakar bisnis, dan angel investor untuk menjadi pengisi acara.

    Menjawab pertanyaan tentang majunya H.Herman Muchtar,SE,MM pada Pilwako tanggal 9 Desember 2015 yang akan datang, dengan nada diplomatis Budi Satria Isman,MA menyebutkan, siapapun berhak untuk maju dan tampil pada Pilwako yang akan datang, dan masyarakat di Kota Sungai Penuh termasuk masyarakat yang telah memiliki pendidikan dan kecerdasan yang bagus.

    Secara pribadi Budi Satria Isman,BA menyebutkan bagi Masyarakat Provinsi Jawa Barat khususnya masyarakat Bandung, sosok Herman Muchtar merupakan figur pengusaha sukses yang berhasil membangun jaringan bisnis mulai dari bawah. Dikalangan dunia usaha dan organisasi profesi dan organisasi sosial Herman Muchtar dikenal sebagai leader dan manajer yang diperhitungkan.

    Lewat tangan dinginnya, Herman Muchtar mampu membesarkan dan mengharumkan nama baik organisasi dan nama baik Pemerintah dan masyarakat Provinsi Jawa Barat.

    Diantara organisasi yang dibesarkan oleh Herman Muchtar ialah organisasi Kamar Dagang dan Industri Daerah (KADIN) Provinsi Jawa Barat dan BPD PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Provinsi Jawa Barat.

    Pada tanggal 17 Desember 2014 Herman Muchtar secara aklamasi dipilih kembali menjadi Ketua BPD PHRI Provinsi Jawa Barat melalui Musda XII yang dilaksanakan di hotel Grand Royal Panghengar Bandung, Acara pelantikan itu sendiri dilakukan pada tanggal 7 Januari 2015 oleh Ketua Umum BPP PHRI Wiryanti Sukamdani di Hotel Horison Kota Bandung, dan di hadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

    Sosok Herman Muchtar dikenal sebagai pribadi yang tegas dan memiliki disiplin tinggi. Watak itu terbentuk melalui olah raga karate yang mulai digemari sejak menjadi mahasiswa dan penghuni asrama Mahasiswa Gunung Kerinci di Bandung. Herman Muchtar di kenal sebagai atlet karate Provinsi Jawa Barat dan hingga saat ini ia masih dipercaya menjadi Ketua Bidang Organisasi Pengurus Besar Karate-Do Nasional,Majelis Tinggi Dewan Guru (Karate DAN VII).

    Sepanjang catatan perkembangan olah raga di tanah air, Herman Muchtar merupakan satu-satunya putra alam Kerinci kelahiran Kota Sungai Penuh-Provinsi Jambi yang termasuk tim penyusun Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Komite Olah Raga Nasional (KONI) Pusat.

    Herman termasuk salah seorang tokoh mahasiswa Kerinci di Bandung yang paling getol membesarkan dan memperkenalkan tanah alam Kerinci di rantau orang, Herman termasuk salah tokoh dan sesepuh HKK Jakarta dan Jawa Barat, dan sejak beberapa tahun terakhir ia bersama tokoh-tokoh dan masyarakat Kerinci-Sungai Penuh diperantauan mendirikan organisasi Masyarakat Peduli Kerinci (MPK)-Indonesia dan Herman Muchtar hingga saat ini masih dipercaya menjadi Ketua Umum Masyarakat Peduli Kerinci-Indonesia.

    Untuk masalah jaringan usaha dan pengalaman berorganisasi serta ketokohan beliau sebagai sosok entrepreneour sudah tidak perlu di ragukan lagi, dan semestinya Masyarakat Kota Sungai Penuh patut bersyukur atas kesediaan andok Man yang mau maju menjadi balon Wali Kota Sungai Penuh, karena beliau merasa terpanggil untuk ikut serta secara lansung membenahi negeri,pungkas Budi Satria Isman.[suarakerincinews]


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Budi Isman Ekonom Indonesia Beri Sinyal Dukung Herman Muchtar pada Pilwako
    BBM Kerincinews.com

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Budi Isman Ekonom Indonesia Beri Sinyal Dukung Herman Muchtar pada Pilwako Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kito
    Scroll to Top
    //add jQuery library