• Pilihan

    Ini Dia Batu Muak di Kerinci, Menhir Berusia 5.000 Tahun

    Batu Bersejarah Muak

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Perjalanan menuju kabupaten Kerinci memang tak pernah membosankan. Selain dihadapkan pada memandangan alam di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), kita juga berkesempatan menyaksikan situs-situs menarik.

    Batu Patah contohnya. Batu ini diperkirakan berusia lebih dari 5.000 tahun, jauh sebelum Zaman proto melayu.

    Batu ini sering juga disebut Batu Muak karena berada di Desa Muak. Tepatnya di Desa Muak, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

    Situs bersejarah tersebut berada persis di tepi jalan Kerinci-Jambi, bisa ditempuh dari dua arah. Pertama dari Pulau Sangkar ke arah Desa Muak, jaraknya sekitar 20 kilometer. Situs bersejarah tersebut berada persis di tepi jalan Kerinci-Jambi, bisa ditempuh dari dua arah.

    Pertama dari Pulau Sangkar ke arah Desa Muak, jaraknya sekitar 20 kilometer. Bisa juga dari jalan Keliling Danau (pusat Kota Sungai Penuh) dengan jarak sekitar 30 kilometer. Batu Patah di Desa Muak berbentuk silindris sepanjang 4 meter.

    Ada relief di bagian tenggara, lingkaran ganda, dan gambar matahari. Lumpang batu berbentuk persegi tidak beraturan dengan diameter kurang lebih 60 cm. Di atasnya terdapat lubang yang menyempit ke bawah dengan diameter 30 cm.

    Persis di sebelah lumpang batu terdapat batu monolit yang berbentuk lonjong tidak beraturan dengan ukuran tinggi 35 cm dan diameter 66 cm. Pada seluruh permukaannya terdapat pahatan berbentuk manusia, kuda, gajah, kerbau, anjing, dan tumbuhan sulur-suluran. Karena penuh motif gambar, batu ini sering juga disebut batu bergambar.


    Untuk melindungi situs bersejarah dari tangan-tangan jahil, kedua situs tersebut dipagar besi dua lapis dan digembok. Untuk penelitian atau penulisan artikel, pengunjung bisa menghubungi petugas di kantor Desa Muak. Namun kalau hanya sekedar lewat dan mampir, selfie di depan situs tidak masalah.[tribunjambi.com]



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Ini Dia Batu Muak di Kerinci, Menhir Berusia 5.000 Tahun
    BBM Kerincinews.com

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ini Dia Batu Muak di Kerinci, Menhir Berusia 5.000 Tahun Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kito
    Scroll to Top
    //add jQuery library