• Pilihan

    Pertemuan Anggota Dewan Hanya Trik Politik untuk AJB

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Gencarnya media memberitakan komitmen kesepakatan 16 anggota DPRD Kota Sungaipenuh pada tanggal 23 maret 2015 di Rumah Makan Minang Soto, tentang mengusulkan satu calon Walikota Sungai Penuh 2015, di tanggapi beragam oleh lapisan masyarakat.

    Hendri warga Sungai Penuh mendukung pernyataan Yuzarlis anggota Dewan dari Fraksi Partai Golkar, menuntut anggota dewan harus mempunyai komitmen yang tinggi atas kesepakatan yang telah dibuat.

    "Sekarang ini komitmen Dewan perlu dipertanyakan, karena tidak ada tindak lanjut setelah pertemuan mereka (16 Dewan.red)," ujar Hendri saat ditanya di Cafe Tiga Dara pagi tadi 13/6. 

    Sedangkan menurut pengamat Politik Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Bukhari Muallim, menilai bahwa persolaan ini perlu diluruskan, karena Dewan tidak mempunyai hak politik untuk mengajukan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Sungai Penuh, yang mempunyai hak untuk mengusung adalah Partai Politik peserta pemilu 2014.

    "Keliru kalau kita meminta komitmen kepada anggota DPRD kota Sungaipenuh yang membuat kesepakatan, karena anggota dewan tidak mempunyai wewenang untuk mengajukan pasangan calon walikota sungaipenuh," ujar Dosen STIA Sungaipenuh saat ditemui di kampus 2 Sekungkung (13/6)

    Bukhari Muallim menambahkan, tidak semua anggota dewan yang hadir di pertemuan tersebut menjabat sebagai Ketua Partai Politik, jadi kemungkinan kesepakatan itu sulit terealisasikan.

    "Partai Politiklah yang mempunyai wewenang untuk mengusung pasangan calon walikota, jadi kesepakatan tersebut sulit terwujud karena tidak semua anggota dewan yang hadir di pertemuan tersebut menjabat ketua partai politik," ujarnya  

    Bahkan dia menilai bahwa pertemuan tersebut tanpa perencanaan yang matang. Kalau pertemuan tersebut didasari oleh kapasitas mereka sebagai anggota dewan wajar saja komitmen mereka tidak dilaksanakan, terbukti sampai saat ini tidak ada koalisi besar yang terwujud, tetapi dia (bukhari) menilai akan berbeda kalau mereka yang hadir dalam pertemuan tersebut sebagai pengurus partai politik, dia yakin koalisi besar tersebut akan terwujud.

    "Wajar saja komitmen tersebut tidak dilanjuti, karena mereka hadir bukan berkapasitas sebagai pengurus partai politik, jadi berbeda kita meminta komitmen meraka sebagai anggota dewan dengan mereka sebagai pengurus partai politik" terangnya.

    Lebih lanjut ia menilai komitmen untuk melawan incunbent dengan mengusung satu calon sulit terwujud karena pertemuan tersebut lebih pada Trik Politik terhadap AJB semata, terbukti sekarang pasca pertemuan tersebut bakal calon masih bergerak masing-masing untuk mencari perahu, sebut saja Herman Mukhtar, Haspia, Ferry Satria, Ahmadi Zubir, Hardizal, dan Syafriadi. (noha)


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Pertemuan Anggota Dewan Hanya Trik Politik untuk AJB




    BBM Kerincinews.com

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pertemuan Anggota Dewan Hanya Trik Politik untuk AJB Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library