• Pilihan

    Rumah Tradisi Berlarik Suku Kerinci Tahan Gempa Semakin Punah

    Kerinci dahin

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Alam Kerinci dan masyarakat suku Kerinci merupakan daerah unik dan spesifik dan memiliki tingkat peradaban yang tinggi. Keberadaan suku Kerinci menurut para ahli lebih tua dari suku Inca yang ada di Amerika.

    Hal ini disampaikan oleh Bupati Kerinci H Adirozal dalam perbincangannya dengan wartawan petisinews.com. Seperti dengan daerah-daerah lain di nusantara, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci merupakan bagian tidak terpisahkan dari suku Kerinci memiliki arsitektur bangunan rumah tempat tinggal yang unik dan spesifik

    Rumah tradisional suku Kerinci yang disebut rumah berlarik (umouh/umah laheik) merupakan bangunan yang dihiasi beragam motif ornamen khas suku Kerinci dan merupakan tinggalan warisan peradaban nenek moyang masyarakat suku Kerinci didirikan dengan mengedepankan semangat persaudaraan dan kekeluargaan.

    Lebih lanjut Bupati Kerinci itu menyebutkan bahwa bangunan arsitektur khas suku Kerinci dibangun dengan tanpa menggunakan paku, diperindah dengan beragam ornamen prasejarah hingga masuknya pengaruh peradaban Islam.

    Ditempat terpisah Budayawan Kerinci/Mantan Depati Serah Bumi, Ja’afar Kadir Datuk Depati mengungkapkan bahwa tradisi rumah berlarik yang pernah ada di alam Kerinci merupakan satu satunya type rumah tradisional di nusantara yang dibuat dalam bentuk berlarik larik dengan panjang mencapai 75 – 125 meter untuk setiap larik dan tahan dari goyangan gempa.

    Dalam catatan sejarah suku Kerici dari beberapa kali musibah gempa bumi yang pernah terjadi di alam Kerinci termasuk gempa bumi tahun 1995 yang menelan puluhan korban meninggal dunia dan luka luka parah termasuk gempa dahsyat yang terjadi pada awal abad ke XX,ternyata terbukti bahwa rumah tradisional suku Kerinci yang dibangun secara berlarik dengan tanpa menggunakan paku selamat dari goyangan gempa, dan korban dari penghuni rumah rumah berlarik larik cenderung jauh lebih sedikit.





    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Rumah Tradisi Berlarik Suku Kerinci Tahan Gempa Semakin Punah Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kito
    Scroll to Top
    //add jQuery library