• Pilihan

    Suplai Listrik ke Kerinci-Sungai Penuh Terganjal Pembebasan Lahan


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - JAMBI -  Pembangunan jaringan listrik ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar), terkendala pembebasan lahan. Sebagian masyarakat menolak pembebasan lahan dikarenakan ganti rugi dirasakan tidak seusai. 

    Karena itu, sejumlah pejabat PLN Wilayah Sumbar yang membawahi PLN Kerinci dan Sungai Penuh, Senin (22/6), menemui Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA). Pertemuan ini dimaksudkan PLN agar Gubernur Jambi memberikan bantuan untuk meyakinkan masyarakat merelakan tanahnya dilalui jaringan listrik tersebut.

    General Manajer PLN Wilayah Sumbar, Supriyadi, mengatakan pembangunan jaringan ini untuk mengatasi defisit listrik ke Sungai Penuh dan Kerinc,i yang berakibat sering padamnya listrik di dua daerah itu. Digambarkannya, kondisi beban puncak pemakaian listrik di Kerinci dan Sungai Penuh mencapai 20 MW, sedangkan daya dari seluruh mesin pembangkit listrik di PLTD yang ada di daerah itu hanya sekitar 16,5 MW, sehingga terjadi defisit sebesar 3,5 MW.

    Menurut Supriyadi, satu-satunya solusi mengatasi defisit listrik di Kerinci dan Sungai Penuh yakni dengan mengaktifkan interkoneksi dari Sumatera melalui Kabupaten Merangin. Namun masyarakat menolak keberadaan tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di daerah mereka.

    “Kondisi kelistrikan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh kan defisit. Sebenarnya PLN sedang membangun transmisi ke arah sana dari selatan (Merangin), karena PLTD yang ada di Kerinci itu sifanya isolated. Ini masalahnya sudah 7 tahun dan belum selesai. Ada masyarakat yang keberatan," pungkasnya.

    Sementara itu Gubernur HBA, menyebutkan, akibat defisit listrik tersebut pemadaman dilakukan oleh PLN selama tiga jam. “Ini kalau tidak ditanggulangi cepat, akan mengganggu masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci," kata HBA.

    Terkait permasalahan yang dihadapi saat ini, HBA meminta agar pihak PLN Wilayah Sumbar untuk membuat surat tertulis kepada Gubernur Jnambi, agar segera dibahas dengan para bupati serta Walikota Sungai Penuh. “Kita berharap persoalan ini bisa diselesaikan secepatnya," tandasnya. [metrojambi.com]




    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Suplai Listrik ke Kerinci-Sungai Penuh Terganjal Pembebasan Lahan Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library