• Pilihan

    DPRD Kerinci Beraudiensi ke KPK


    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 9 anggota DPRD Kabupaten Kerinci berkunjung ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (8/7) di Jakarta. Tujuannya, selain beraudiensi, mereka juga mendapat pembekalan materi antikorupsi dari pemimpin KPK. Bertempat di ruang rapat pleno lantai tiga, delegasi yang dipimpin Ketua DPRD Arpan Kamil ini, diterima Wakil Ketua KPK Zulkarnain.

    Dalam paparannya, Zulkarnain menjelaskan sekilas tentang korupsi, hasil temuan KPK dan kasus yang melibatkan anggota dewan di daerah. Zulkarnain pun menyampaikan beberapa rekomendasi dari hasil kajian tersebut.

    “Yakni penguatan Internal Dewan dengan revitalisasi sistem pendukung, revitalisasi kode etik anggota parlemen dan penegakannya, dan pelembagaan prinsip akuntabilitas anggota parlemen atas pelaksanaan fungsi institusi,” ujar Zulkarnain.

    Karenanya, ia menekankan harus ada perbaikan dalam pelaksanaan fungsi dewan, yakni di fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Dan juga, tambah Zulkarnain, anggota dewan perlu memberikan atensi terhadap percepatan implementasi prinsip merit (integritas, kualifikasi dan kompetensi) dalam pengelolaan birokrat, perhatian atas perangkat daerah, perhatian atas perbaikan pelayanan publik, perhatian atas optimalisasi pengawas di pemerintah daerah.

    Sementara itu, Ketua DPRD Kerinci, Arpan Kamil mengaku sangat tertarik dengan paparan yang disampaikan. Ia berterimakasih kepada KPK yang telah mengingatkan dan menambah wawasan tentang titik-titik rawan korupsi yang berkaitan dengan jabatan.

    “Paparan tadi sangat menambah wawasan kami. Kami tidak ada niat untuk korupsi, tapi mana tahu jika salah langkah kebijakan, justru bisa menjerumuskan. Karenanya kami bersyukur bisa memahami upaya pencegahan yang baik supaya tidak terjadi korupsi,” ujarnya.

    Selain Arpan, 8 anggota DPRD Kab. Kerinci lainnya yakni Wakil Ketua DPRD Murtias, Ketua Badan Kehormatan Subastian Ismail, Ketua Bapemperda Iwan Pelani, Ketua Komisi I Heri Purwanto, Ketua Komisi II Eliyusnadi, Ketua Komisi III Subur Budiman, Sekretaris DPRD Amri Swarta, Kabag. Hukum dan Dokumentasi Sekretariat DPRD Yeni Yentri.[KPK.GO.ID]

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: DPRD Kerinci Beraudiensi ke KPK Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library