• Pilihan

    Empat Pertimbangan Ami Taher Mendukung Pasangan Zumi Zola - Fachrori

    KERINCINEWS.COM, KERINCI -  Zumi Zola Zulkifli merupakan salah satu tokoh muda Provinsi Jambi yang maju di Pilgub Jambi 2015. Majunya Zumi Zola di pilgub Jambi mendapat dukungan dari banyak pihak dan tokoh Provinsi Jambi.

    Dukungan yang diberikan oleh para tokoh tersebut dengan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah Ami Taher. Dimana dukukungan Ami Taher terhadap Zumi Zola diberikan dengan banyak pertimbangan dan memperhatikan masukan-masukan dari masyarakat.

    Apa alasan sebenarnya Ami Taher melabuhkan dukungannya kepada Zumi Zola?, Kerincinews.com berkesempatan bertemu dan berdialog langsung dengan Ami Taher dikediamannya, Sabtu (31/7), ini petikannya :

    Seperti kita ketahui bahwa Bapak Zumi Zola merupakan tokoh muda, yang saat ini maju di Pemilihan Gubernur Jambi 2015, Sebenarnya apa pertimbangan bapak memutuskan mendukung Zumi Zola ?

    "Jadi, banyak pertanyaan yang disampaikan kepada saya, kenapa pak Ami mendukung Pasangan Zumi Zola - Fakhrori. Memutuskan mendukung pasangan Zumi Zola - Fakhrori bukanlah hal yang mudah, tapi setelah saya pertimbangkan akhirnya saya memutuskan mendukung Pasangan Zumi Zola - Fakhrori.

    Bisa dijelaskan lagi pak ?

    "Ya, jadi saya menghimpun pertimbangan saya mendukung pasangan Zumi Zola- Fachrori ini dengan empat pertimbangan besar, Pertama atas pertimbangan hati nurani, sebagai pertimbangan hati nurani kalau saya di suruh memilih dua kandidat ini dengan pemahaman saya terhadap keduanya, saya akan memilih pak Zumi Zola. Masing-masing kita mungkin punya hati nurani dan hati nurani saya memilih pak Zumi Zola. Kedua atas pertimbangan sebagai kader partai, dimana PPP mendukung pasangan Zumi Zola - Fakhrori ini, jadi wajar saya juga menyukseskan program dari partai ini. Ketiga atas pertimbangan rasionalitas, jadi ada satu kata kunci kalau kita melihat perkembangan Provinsi Jambi kalau dibandingkan dengan daerah-daerah Provinsi tetangga, kita sudah jauh tertinggal. Sebagai contoh misalnya, kita melihat Sumetera Selatan. Diawal tahun  sembilan puluhan ketika saya bertugas di Pertamina di Palembang itu, kondisi insfrastruktur dan pembangunan disana itu tidak jauh berbeda dengan kondisi Provinsi Jambi, tapi dua puluh lima tahun kemudian, perkembangannya Sumatera Selatan khususnya Palembang sudah jauh meninggalkan   Provinsi Jambi. Bahkan kita melihat bagi yang sering datang  kesana, itu kota Palembang  ibarat kota Metropolitannya Sumatera. Artinya kita sudah jauh tertinggal kondisinya dengan Sumatera Selatan, dan belum kita berbicara perkembangan Riau dan Sumbar. Jadi bukan zamannya lagi   untuk sekedar mengatakan Jambi maju, yang di butuhkan Provinsi Jambi ini adalah lompatan untuk mengejar ketertinggalan itu. Maka ketika berbicara terobosan dan lompatan itu, maka yang di butuhkan adah pemimpin muda. Dan yang ke empat atas pertimbangan memperjuangkan aspirasi rakyat

    Kenapa harus pemimpin muda pak ? 

    "Ya, karena dalam rumus sejarah sebuah perubahan besar itu dilakukan oleh yang muda, misalnya sebagai contoh pada tahun 1928, ketika semua rakyat banyak ragu, apakah kita mampu menantang Belanda yang sudah menjajah kita lebih dari 350 tahun, ketika masyarakat ragu, semua rakyat ragu, tiba-tiba pemuda-pemuda melakukan terobosan dengan mendeglarasikan Sumpah Pemuda. Begitu pula dengan kondisi yang terjadi pada tahun 1998, ketika jemu dengan KKN, para mahasiswa melakukan reformasi.

    Baik, kalau demikian apa sebenarnya terobosan besar yang sudah dilakukan oleh bapak Zumi Zola menurut bapak ?

    "Jadi begini, saya melihat Pak Zumi Zola sebagai figur muda yang memiliki keberanian dalam dirinya untuk bisa melakukan perubahan-berubahan besar, dia mampu dan berani melakukan penyetopan terhadap pengoperasian sumur gas dan minyak di Tanjung Jabung Timur yang dilakukan oleh PetroChina. 

    Apakah itu sesuatu yang luar biasa menurut bapak ?

    "Ya tentu, dulu ketika saya bermitra dengan Kementrian ESDM saya yang menangani ini, saya tau persis belum ada sejarah bupati yang berani melakukan penyetopan operasi minyak itu. Jadi kita melihat sosok bapak Zumi Zola ini memiliki nyali, punya keberanian, dan jelas itu sebgai bentuk komitmen beliau dalam memajukan daerah.

    Jadi, sebagai Tokoh Provinsi Jambi, apa hal positif yang bisa di lihat dari sosok pak Zumi Zola, khususnya untuk Kerinci ?

    "Saat ini Provinsi Jambi membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki kecerdasan dan punya wawasan Internasional, selama ini mungkin kita mengenal sosok pak Zumi Zola lebih dominan sebagai artis, padahal banyak yang belum diketahui oleh masyarakat. Seperti latar belakang pendidikan beliau. Pak Zumi Zola itu memiliki latar belakang pendidikan S1 Institut Pertanian Bogor (ITB), jadi jelas sangat sesuai dengan kondisi daerah Kerinci yang basis daerahnya merupakan daerah pertanian. Kemudian beliau juga alumnus S2 luar negeri yaitu di Inggris, jadi jelas beliau memiliki wawasan internasional yang bisa diandalkan untuk memajukan Provinsi Jambi ini, khususnya pertanian di Kerinci.

    Tapi kan, pendidikan saja itukan bukan jaminan, bukankah pengalaman di pemerintahan itu lebih penting ?

    "Kalau soal itu beliau tidak diragukan lagi, coba anda lihat. Akhir-akhir ini banyak daerah Kabupaten/Kota yang disorot tentang persoalan anggaran daerah, dimana anggaran biaya belanja pegawai lebih besar dari anggaran pembangunan, tapi beliau di Tanjung Jabung Timur anggran belanja pegawai lebih kecil dari anggaran pembangunan, yakni 40% untuk belanja pegawai, sementara biaya pembangunan adalah 60% lebih banyak. Dan itu salah satunya, dan masih banyak yang lainnya".

    Ya terakhir pak, banyak yang bertanya pak, mengapa pak Ami Teher itu tidak netral saja di Pilgub Jambi ini, Bagaimana ini pak ?

    "(Tertawa) ..., Sebenarnya begini, seperti yang saya katakan tadi, salah satu pertimbangn saya adalah ingin memperjuangkan aspirasi rakyat. Kalau kita netral di pilgub ini, sulit bagi saya yang memang disatu sisi masyarakat ingin aspirasi mereka ini diperjuangkan, ketika memang tidak ada putra kerinci yang maju di Pilgub ini tentu yang bisa fikirkan adalah bagaimana kita bisa menitipkan aspirasi masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh ini kepada pemimpin yang tepat. Yang akan bisa memperjuangkan aspirasi itu, dan pak Zumi Zola ini siap berkomitmen memperjuangkan aspirasi itu. Banyak hal yang ingin kita perjuangkan, seperti, kita ingin ada lapangan kerja baru, memperjuangakan Depati Parbo sebagai pahlawan nasional. Dan pak Zumi siap untuk itu. Jadi ini alasan kita tidak netral, karena saya ingin memperjuangkan aspirasi itu. (zen)
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Empat Pertimbangan Ami Taher Mendukung Pasangan Zumi Zola - Fachrori Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library