• Pilihan

    Ribuan Pendaki akan Taklukan Gunung Kerinci


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Meski 17 Agustus masih beberapa hari lagi, namun ratusan pendaki, sudah mulai berdatangan.Pantauan Tribun Jumat (14/8), setidaknya lebih dari 100 pendaki sudah naik menuju puncak Gunung Kerinci. Bahkan beberapa di antaranya adalah pendaki asing.

    Kepala Seksi Wilayah I Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS), Agusman, mengakui hal itu. Data dari Resort 10 (R10- red) yang merupakan pintu masuk ke Gunung Kerinci, sudah lebih 100 pendaki yang melakukan pendakian.

    "Biasanya, pendaki mulai naik 15 atau 16 Agustus. Tapi tahun ini, 14 Agustus saja sudah ada ratusan pendaki yang naik ke puncak Gunung Kerinci," ungkap Agusman, dikonfirmasi Tribun via telepon.

    Mencegah hal yang tidak diinginkan, pos pemeriksaan dijaga ketat petugas, untuk pengecekan perlengkapan dan logistik pendaki. "Jika tidak membawa perlengkapan lengkap, tidak akan kita izinkan naik," tegasnya.

    Dia memprediksi, jumlah pendaki akan membludak pada 15 hingga 16 Agustus. "Kalau tahun lalu pendaki hanya 500 orang. Namun tahun ini kita prediksi lebih dari 1000 orang," tutur Agusman.

    Petugas dibantu sejumlah KPA, juga sudah berada di atas gunung, untuk mengamankan jalur pendakian. "Untuk sementara masih kondusif. Di puncak juga tidak ada badai, hanya terlihat mendung," tegasnya.

    Ditanya soal pendaki asing? Agusman mengaku per 14 Agustus sudah ada 10 pendaki asing yang muncak ke Gunung Kerinci. "Jumlahnya akan bertambah lagi. Biasanya 16 Agustus menjadi puncak datangnya pendaki," bebernya.

    TNKS lanjutnya, sudah melarang pendakian sampai ke puncak. Hal ini sesuai dengan imbauan petugas pos pemantau Gunung Kerinci di Kayu Aro. "Pendakian hanya boleh sampai di shalter II. Jika ada yang melewati itu, risikonya tanggung sendiri," tambah Agusman.

    Sebelumnya, Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci, Indra, mengingat saat ini status Gunung Kerinci dalam tahap waspada level dua, sehingga bisa membahayakan keselamatan pendaki jika terlalu dekat dengan kawah.

    "Benar, untuk semua aktivitas di Gunung Kerinci, termasuk pendakian hanya kita bolehkan hingga radius tiga kilo meter dari kawah gunung kerinci," ungkap Indra, dikonfirmasi Tribun via telepon.

    Saat ini, status Gunung Kerinci masih dalam status waspada level dua, dengan aktivitas kegempaan yang masih cukup normal. "Untuk gempa vulkanik dangkal, setiap harinya terjadi satu hingga tujun kali," bebernya.

    Lantas bagaimana dengan gempa Vulkanik dalam? Indra mengaku belum terpantau. "Gempa vulanik dalam tidak ada. Namun untuk gempa hembusan, setiap harinya paling tidak 150 kali,"pungkasnya

    tribunjambi.com


    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ribuan Pendaki akan Taklukan Gunung Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library