• Pilihan

    Bupati Kerinci Geram Galian C Ilegal Marak, Polres Akan Bertindak

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Bupati Kerinci geram dengan maraknya aktivitas galian C yang diduga ilegal dan beroperasi di Kabupaten Kerinci. Bahkan Bupati menegaskan sudah menyerahkan penanganan galian C ilegal ke Polres Kerinci.

    Kapolres Kerinci, AKBP S Winugroho, melalui Kasat Reskrim, AKP Abriansyah, mengatakan pihaknya akan turun ke lapangan, untuk melakukan razia dan inspeksi ke sejumlah lokasi galian C illegal di Kabupaten Kerinci.

    Dikatakannya, dalam razia dan inspeksi tersebut, pihaknya akan memeriksa semua data dan dokumen usaha tambang. Karena selama ini, banyak laporan ada indikasi galian C beroperasi tanpa ada izin resmi dari pemerintah daerah.

    “Razia ini sudah menjadi program kita (Polres,red), nanti kita akan periksa semua kelengkapan data dan dokumennya. Yang tidak punya dokumen lengkap akan kita sikat,”tegas Kasat Reskrim.

    Hanya saja kata dia, untuk saat ini pihaknya belum sempat menggelar razia, karena disibukkan sejumlah kegiatan yang tak kalah penting. “Waktu kita terbatas, karena ada kegiatan lain yang tidak bisa kita tinggalkan. Tapi yang pasti, kita akan cek lapangan segera, kapan waktunya nanti kita atur,”bebernya.

    Sebelumnya, Bupati Kerinci, H Adirozal telah menyerahkan persoalan galian C illegal kepada aparat hukum. Pasalnya selama ini pemkab sudah melakukan sosialisasi kepada pengusaha galian C yang tidak memiliki izin agar segera mengurus izin.

    “Kini tergantung ketegasan dari polres Kerinci, kita tidak bertanggung jawab lagi kalau Polres bersikap tegas. Kini pertambangan seperti galian C sudah menjadi kewenangan Pemprov Jambi,” ungkapnya.

    Dikatakannya, masih banyak usaha galian C di Kabupaten Kerinci yang belum mengantongi izin usaha. Untuk kedepan untuk pengurusannya diserahkan ke Pemprov Jambi. Padahal, sosialisasi sudah dilaksanakan pihaknya jauh-jauh hari.

    “Dulu kita sudah ajak, kini terserah. Kalau polres bertindaktegas jangan salah kan kami,”sebut Bupati Kerinci.

    Sementara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kerinci, H Letmi Hendri, mengatakan saat ini masih ada sekitar 30 lebih galian C illegal yang beroperasi di Kabupaten Kerinci. “Baru dua yang mengantongi izin,”tutupnya. (tribunjambi/eja)
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bupati Kerinci Geram Galian C Ilegal Marak, Polres Akan Bertindak Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library