• Pilihan

    Bawaslu Provinsi Tidak Bisa Gantikan Panwaslu Sungai Penuh di Sidang MK

    KERINCINEWS.COM, JAMBI– Pakar Hukum dari Universitas Jambi (Unja) Sukamto Satoto  menyatakan Bawaslu Provinsi Jambi tidak bisa mengambil alih tugas-tugas Panwaslu Sungaipenuh, termasuk menggantikan Panwaslu dalam persidangan sengketa hasil pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

    “Itu tidak bisa (Bawaslu melaksanakan tugas Panwaslu), apalagi menggantikan posisi Panwaslu di sidang MK. Landasan yuridisnya apa?” ujar Sukamto Satoto

    Seharusnya, Bawaslu tidak buru-buru menonaktifkan anggota Panwaslu Sungai Penuh. Apalagi, untuk penonaktifan tersebut Bawaslu harus menempuh prosedur yang betul.

    Prosedur tersebut adalah diawali dengan penerbitan surat peringatan. Kemudian, harus dipastikan apa kesalahan para anggota Panwaslu Sungai Penuh.

    Kata Sukamto, Panwaslu bisa mengajukan gugatan ke pengadilan atas penonaktifan ini. Panwaslu Sungai Penuh juga bisa mengadukan Bawaslu Provinsi Jambi ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

    Kabarjambi.net

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bawaslu Provinsi Tidak Bisa Gantikan Panwaslu Sungai Penuh di Sidang MK Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library