• Pilihan

    FEBRUARI, Zumi Zola Akan Dilantik Oleh Presiden Jokowi


    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri telah mengagendakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih, Zumi Zola - Fachrori Umar bersama 62 pasang kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih lainnya. rencananya pada pertengahan Februari mendatang. pelantikan tersebut akan secara langsung dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

    Menteri Dalam Neg Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan, pelaksanaan pelantikan hasil pemilu kepala daerah (pilkada) serentak 2015 rencananya akan dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, sebanyak 61 bupati/walikota beserta wakilnya dan dua pasangan gubernur dan wakilnya akan dilantik pada pertengahan Februari mendatang.

    "Kepala daerah itu akan menjadi tangan kanannya presiden, kami ingin presiden yang melantik, kalau nanti akan dikukuhkan lagi atau penyerahan nota pemerintahan di depan paripurna DPRD ya tidak ada masalah," kata Tjahjo, Senin (18/1)

    Pelantikan berikutnya akan digelar pada akhir Maret atau April depan karena menunggu proses penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadwalkan berlangsung hingga 25 Maret depan. Saat ini, terdapat 147 gugatan pilkada yang masuk ke MK, dengan rincian enam gugatan untuk pilkada provinsi dan selebihnya untuk kabupaten/kota.

    Selanjutnya, pelantikan kepala daerah juga akan digelar pada akhir Juni mendatang. Pasalnya, masa jabatan di 18 kabupaten/kota serta satu provinsi yakni Sulawesi Tengah akan habis pada Juni mendatang. "Pelantikan kami mulai Februari tujuannya agar program pembangunan di APBD bisa dilaksanakan dengan sudah kepala daerah definitif," jelas Tjahjo. (*)

    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: FEBRUARI, Zumi Zola Akan Dilantik Oleh Presiden Jokowi Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library