• Pilihan

    Polri Buka Penerimaan Lulusan Sarjana, Ini Syaratnya

    KERINCINEWS.COM, JAMBI – Kepolisian Republik Indonesia (Polri), kembali membuka pendaftaran menjadi anggota Polri. Kali ini pendaftaran dibuka untuk lulusan Sarjana dan Magister. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi anak muda yang berminat menjadi anggota Polri.

    Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Jambi, Kompol Wirmanto, mengatakan, Polri memberikan kesempatan kepada Putra-Putri Indonesia untuk mengikuti pendidikan pembentukan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2016.

    “Pendaftaran bisa dilakukan di Polres dan di Polda Jambi. Kemudian bisa juga melalui website Polri: http://www.penerimaan.polri.go.id. Tidak dipungut biaya,” ujar Kompol Wirmanto, kepada wartawan, kemarin (11/2).

    Lebih lanjut mantan Kapolsek Pemayung ini menjelaskan, untuk pendafataran sendiri sudah dibuka 4 hingga 18 Februari 2016. Tentunya, dalam seleksi ini dilakukan dengan beberapa tahapan tes. Tetap dengan mengutamakan Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

    Untuk persyaratan umum, lanjutnya, yang jelas Warga Negara Indonesia, berumur minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani dengan adanya surat keterangan sehat dari institusi kesehatan, tidak terlibat kasus pidana atau pernah dipidana yang dibuktikan dengan Surat Ketereangan Catatatan Kepolisian (SKCK), berwibawa dan berkelakuan tidak tercela, serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semuda bidang tugas kepolisian.

    Selain itu, persyaratan khususnya adalah belum pernah menjadi anggota Polri. Kemudian. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi yang terakreditasi A syarat minimal IPK 2,75 dan bagi program studi akreditasi B IPK minimal 3,00. Dalam hal ini wajib melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisasi atau diketahui oleh Pembantu Dekan bidang Akademik.

    Untuk S-2 Profesi umur maksimal 33 tahun, S-1 Profesi maksimal 29 tahun dan S-1 maksimal berumur 26 tahun. Tinggi badan dan berat badan harus seimbang dengan ketentuan yang berlaku. Untuk pria 160 cm dan wanita 150 cm.

    Baca Juga: Ini Jurusan yang Bisa Mengikuti Tes Masuk Polisi Lulusan Sarjana

    “Tentunya ini merupakan pendidikan bagi para Sarjana yang dibutuhkan dalam profesi kepolisian untuk menjadi Inspektur Polisi yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan, ketangguhan,” jelasnya.

    Nantinya setelah dinyatakan lulus, maka akan menjalani pendidikan selama 6 bulan di Akademi Kepolisian (Akpol) – Semarang. Tahap seleksi juga dilakukan di tingkat daerah dan pusat. Untuk di Jambi dilakukan oleh Polda Jambi. Sementara kuota sejauh ini belum ditetapkan.

    “Informasi lebih lanjut silakan mengunjungi website yang sudah disediakan,” tegasnya. (pds).


    Sumber : Jambiupdate.co


    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Polri Buka Penerimaan Lulusan Sarjana, Ini Syaratnya Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library