• Pilihan

    Gunung Kerinci Semburkan Asap, Pendaki Hanya Boleh Sampai Pos 3

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Beberapa hari belakangan aktivitas Gunung Kerinci megeluarkan gumpalan asap tebal. Bahkan dari kejauhan bisa dilihat fenomena asap mengumpak ke udara.

    Menurut keterangan Kardinal warga Desa Sungai Asam, Kecamatan Kayu Aro Barat, asap hitam itu kadang-kadamg bercampur debu yang berasal dari kawah Gunung Kerinci. Hal ini terjadi sudah beberapa hari, juga banyak dilihat warga sekitar terutama di pagi hari. Sedangkan pada malam hari, kata Kardinal, kadang-kadang juga terdengar suara gemuruh kecil dari kawah Gunung Kerinci.

    "Pagi hari nampak jelas asap hitam keluar dari kawah gunung. Kalau malam jam 1 dan jam 2 malam, dari Gunung Kerinci suara gemuruh kecil," ujarnya kemarin.

    Camat Kayu Aro Barat, Agus Subagio dikonfirmasi membenarkan hal ini. Ia mengatakan sekitar sepekan ini gunung yang memiliki tinggi 3.805 MDPL memang sempat beberapa menyemburkan asap membubung tinggi ke udara.

    Namun ini menurutnya masih biasa saja. Sehingga warga masih melakukan aktivitas seperti biasa.
    Pria yang juga tinggal di desa Kersik Tuo di kaki Gunung Kerinci ini mengatakan warga Kayu Aro sudah biasa dengan hal seperti ini. Sebab sebelumnya juga pernah Gunung Kerinci mengeluarkan asap tebal disertai gemuruh.

    "Iya menyemburkan asap hitam, kadang batuk-batuk. Tapi belum ada warga yang siap untuk evakuasi," ungkapnya

    Meski demikian ia tetap menghimbau warga Kayu Aro hati-hati dengan status Gunung Kerinci.meskipun aktifitas ke ladang tetap dilakukan seperti biasa. "Masyarakat tetap ke kebun, tapi kita ajak tetap hati-hati karena berada di kaki Gunung Kerinci," ujarnya

    Sedangkan keterangan kepala Pos pantauan Gunung Kerinci R10, Indra mengatakan yang sering muncul asap putih dan tebal dari kawah gunung kerinci. Sedangkan untuk pendakian hanya direkomendasikan sampai pos 3.

    "Yang kita lihat muncul asap putih tebal. Untuk pendakian tidak bisa ke puncak. Hanya boleh jarak 3 kilometer dari kawah," sebutnya.


    Sumber Tribunjambi.com



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gunung Kerinci Semburkan Asap, Pendaki Hanya Boleh Sampai Pos 3 Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library