• Pilihan

    Ini Waktunya Melihat Gerhana Matahari 9 Maret di Kerinci dan Sungai Penuh


    KERINCINEWS.COM, KERINCIGerhana matahari yang akan terjadi pada tanggal 09 Maret 2016 ternyata juga dapat diihat di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

    ilustrasi Gerhana Matahari 2016
    Menurut ahli hisab rukyat Kabupaten Kerinci yang juga merupakan dosen Ilmu Falaq Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kerinci, Zufriani, S.Ag., M.H.I, bahwa puncak gerhana dan kontak ke empat di Sungaipenuh dan Siulak Kabupaten Kerinci tepat pada waktu yang bersamaan.

    Dari data yang diterimanya, Gerhana matahari tersebut akan terjadi tepat pukul  7  :  20  :   16.3 WIB untuk puncak gerhana dan untuk kontak keempat pada jam 8   :  27  :   47.6 WIB.  

    Apa itu puncak gerhana dan kontak ke empat? Alumni Program Pasca Sarjana IAIN STS Jambi ini menyebut kontak ke empat tersebut adalah adalah saat piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi Bulan atau pada saat Gerhana berakhir.

    “Puncak Gerhana adalah waktu saat piringan matahari tergerhanai paling maksimum, dan kemudian kontak ke empat saat piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi Bulan atau pada saat Gerhana berakhir,” sebutnya.

    Zufriani menjelaskan, kontak pertama terjadi hampir di seluruh kota di Jambi, namun di Siulak Kerinci dan Sungai Penuh data kontak pertamanya tidak ditampilkan  dikarenakan  matahari  masih  belum  terbit  di  Kerinci dan Sungaipenuh.  

    “Pada  saat  matahari  terbit, gerhana sudah berlangsung, meskipun belum mencapai puncaknya. Kontak kedua dan kontak ketiga dapat teramati di Singkut, Sorolangun. Adapun di kota lainnya data tersebut tidak ditampilkan dikarenakan gerhana yang teramati adalah gerhana matahari sebagian,” katanya.

    Secara umum kata Zufriani, gerhana di Jambi akan dimulai pada pukul 06:21 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 07:22 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 08:29 WIB.  

    “Durasi gerhana yang teramati di Jambi rata-rata adalah 2 jam 8 menit, dengan durasi paling lama terjadinya gerhana adalah di kota Muara Sabak yaitu 2 jam 10 menit. Namun, dalam realisasinya durasi gerhana yang akan teramati di Siulak dan Sungai Penuh akan kurang dari waktu tersebut. Hal ini mengingat waktu kontak awal gerhana terjadi sebelum Matahari terbit di kedua kota tersebut,” pungkasnya. (metrosakti)
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ini Waktunya Melihat Gerhana Matahari 9 Maret di Kerinci dan Sungai Penuh Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library