• Pilihan

    Inilah Penyebab, Harga Kentang Kerinci Turun

    KERINCINEWS.COM, KERINCIPetani kentang di Kabupaten Kerinci mulai risau. Karena harga kentang dipasaran yang mengalami penurunan.

    Petani kentang di Kerinci, Yon mengatakan dua pekan sebelumnya harga kentang di tingkat petani kisaran Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu per kilogram. Namun, saat ini turun menjadi Rp4 ribu per kg.

    Menurutnya harga kentang turun karena melimpahnya pasokan. Terutama musim panen di daerah Jawa yang didistribusikan ke Kerinci.

    "Dari dua pekan terakhir Rp6 ribu per kg, saat ini Rp 4 ribu per kg. Mungkin pengaruh kentang dari Jawa yang banyak masuk ke Kerinci," ungkapnya

    Menurutnya harga kentang ini akan bertahan cukup lama. Karena selain di daerah Jawa yang sedang panen raya, petani di Kabupaten Kerinci juga banyak yang sedang panen raya.

    "Kalau tidak ada upaya, perkiraan kita dua pekan ke depan harga kentang bisa terus turun hingga Rp. 3.000 per kilogram," ujarnya. 

    Ia menambahkan bila biasanya saat panen petani kentang di Kerinci melakukan ekspor ke Medan, Lampung sampai tiga kali seminggu. Namun saat ini permintaan daerah luar juga berkurang.

    "Sudah dua pekan kita tak mengirim kentang ke Medan dan Lampung. Kita hanya bisa stok dulu digudang, sementara gudang penuh, sehingga kita hanya bisa kirim ke Bukit Tinggi itupun hanya dua kali dalam sepekan dengan harga rendah," bebernya.

    Dengan kondisi ini, kata dia, dirinya hanya bisa pasrah, sambil menunggu stok kentang dari jawa minim, sebab untuk saat ini, harga kentang jawa lebih murah dari kentang Kerinci.

    Sementara Kepala dinas Perindag dan ESDM kabupaten Kerinci H Letmi Hendri mengakui adanya panen raya kentang di daerah Jawa, sehingga berpengaruh pada melimpahnya kentang di kerinci.

    Akan tetapi kata Letmi, harga kentang masih terbilang stabil. Ia sebutkan kalau Rp4 ribu per kilogran belum bisa dibilang anjlok. "Kalau sudah 2000 per kilogram, baru harga kentang anjlok," katanya

    Demikian juga dengan komoditi lainnya, harga dipasaran masih stabil. Ia bilang kalau pasokan barang dari jawa memang berimbas pada permintaan komoditi lokal. Pihaknya masih melihat perkembangan harga dan produksi. (Tribun Jambi)
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Inilah Penyebab, Harga Kentang Kerinci Turun Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library