• Pilihan

    Edi Suhaimi: SMK Harus Ciptakan Usahawan Muda Baru


    Edi Suhaimi, Kepala SMKN 5 Kerinci
    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Kerinci, Edi Suhaimi berharap lulusannya dapat menjadi motor penggerak wirausahawan muda bukan hanya dipersiapkan menjadi tenaga-tenaga kerja siap pakai semata.

    SMK diharapkan dapat menjadi motor penggerak untuk menempa para generasi muda menjadi wirausahawan muda yang mampu mengambil peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja baru, bukan lagi hanya sebagai pencetak tenaga kerja baru.

    Ujian Kompetensi Kejuruan Tata Busana 
    "Pola pikir para siswa dan masyarakat, bersekolah supaya dapat bekerja harus dirubah. Ilmu yang mereka peroleh di bangku SMK, hendaknya bisa membuka usaha sendiri," ujar Edi Suhaimi di Ruang Kerjanya pagi ini (1/4).

    Edi mencontohkan, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), penguatan kompetisi siswa SMK dengan membuka Usaha Servis dan merakit Komputer/Laptop. Begitu juga siswa jurusan Tata Busana setelah lulus, siswa itu dapat membuka usaha Jahitan dan Usaha Bakeri bagi lulusan jurusan Tata Boga begitu juga dengan jurusan Keuangan.

    Ujian Kompetensi Kejuruan Tata Boga
    "Bila perlu, pihak perbankan bisa membantu lulusan SMK dalam permodalan agar para siswa bisa membuka usaha secara mandiri," tuturnya

    Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) siswa SMK harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, maka kita menekankan selain mampu menguasai bidang ilmu yang dipelajarinya, siswa juga mampu menguasai bahasa Inggris sebagai modal awal memasuki dunia usaha, peluang terbuka lebar khususnya pada masa Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini. Sekarang lapangan usaha semakin luas, tak hanya di Indonesia, kita juga bisa membuka usaha di seluruh Negara ASEAN jika mampu. Tapi bila tidak, justru merekalah yang akan membuka usaha-usaha di sini, sementara kita hanya akan jadi penonton di negeri sendiri. (zen)










    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Edi Suhaimi: SMK Harus Ciptakan Usahawan Muda Baru Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library