• Pilihan

    STAIN Kerinci Jadi IAIN, akan Ada 5 Fakultas


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Proses alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kerinci menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) selangkah lagi. Setelah melakukan pertemuan dengan Kemenkumham RI bersama lima STAIN lainnya, saat ini masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) terbit. Setelah itu kelima STAIN termasuk yang di Kerinci resmi menjadi IAIN.

    Hal ini disampaikan Kabag Adminitrasi STAIN Kerinci, Ahmad Yani yang juga ikut dalam kegiatan harmonisasi STAIN dengan Kemenkumham RI, Kemenag dan MenPan RB. Ia mengatakan tahun ini STAIN akan menjadi IAIN, sebab semua persyaratan dan lainnya sudah lengkap. Ia menyebut selain STAIN Kerinci, secara bersamaan akan ada lagi empat perguruan tinggi. Di antaranya Stain Ponorogo, Loksmawe, Pekalongan, dan STAIN di Lampung.

    "Alih status STAIN jadi Iain tinggal menunggu Perpres, diperkirakan dua bulan kedepan. Kalau Kemenkumham sudah," katanya kepada Tribun, Minggu (22/5).

    Disampaikan Yani, perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kerinci ini saat ini memiliki dua jurusan, Tarbiyah ddan Syariah dengan 13 program studi yang ada. Dengan demikian bila nantinya menjadi IAIN maka dua jurusan tersebut akan menjdi fakultas. Selain itu diusahakan akan berkembang menjadi 5 fakultas, di antaranya ekonomi bisnis Islam, MIPA dan lainnya.

    "Kita berharap Perpres cepat keluar, agar tekad pengembangan menjadi IAIN tercapai. Kalau melaksakanan harmonisasi dengan kemenkumham, Menpan dan Kemenag sudah melakukan pembahasan," terangnya.

    Tak ada hambatan yang berarti. Demikian juga dengan jumlah mahasiswa dan pengembangan kampus yang ada. Ia katakan terus meningkat. Saat ini terdaftar sebanyak 4 ribu mahasiswa. Untuk tahun ini STAIN Kerinci menerima 800 mahasiswa baru.

    sumber: tribunjambi






    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: STAIN Kerinci Jadi IAIN, akan Ada 5 Fakultas Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library