• Pilihan

    Tahun 2017 Kementerian PU Anggarkan 100 Miliar untuk Jalan Kerinci-Bangko

    Jalan Kerinci-Bangko ketika longsor

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Jalan nasional dari Bangko hingga Kerinci dan Sungai Penuh khususnya titik-titik jalan yang rawan longsor akan diperbaiki. Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Wilayah IV Jambi-Kepri akan menganggarkan Rp 100 miliar lebih dana untuk penanganan sepanjang jalan tersebut.

    Dana ini difokuskan untuk pengamanan tebing yang rawan longsor dan untuk pelebaran jalan. Pihak kementerian PU segera menyiapkan program 2017 dan ditargetkan Januari penanganan jalan nasional dimulai.

    Kepala Balai IV Jambi-Kepri Junaidi mengatakan terkait ruas jalan Bangko-Kerinci-Sungaipenuh yang merupakan perbukitan, maka pihaknya akan menyiapkan stabilitas lereng dengan membuat pengamanan terhadap lereng, tebing yang rawan runtuh.

    Kementerian PU telah mengidentifikasi titik rawan longsor dari Bangko hingga Sungaipenuh.

    "Ada 8 titik rawan longsor, kalau itu longsor,apalagi jalan sempit, maka jalan akan putus total," katanya usai melakukan survei jalan nasional di Kerinci, Sabtu (10/9).

    Selain rawan longsor, beberapa ruas jalan nasional juga sangat sempit, sehingga perlu pelebaran jalan. Pihaknya akan programkan pelebaran tikungan dan perbaikan bahu jalan.

    Tidak hanya itu ruas jalan berupa tanjakan yang terlalu tinggi juga akan ditangani pihak Balai Wilayah IV. "Kita sudah ambil kontur dengan drone dari atas. Tanjakan yang terlalu tinggi akan kita pikirkan bagaimana caranya agar kendaraan berat bisa lewat," katanya.

    Ditanya dana yang dibutuhkan untuk penanganan jalan nasional ini, Junaidi menyebut sekitar Rp 100 miliar lebih.

    "Kita akan tingkatkan jalan ini sesuai standar jalan nasional secara bertahap, target kita 2019 selesai. Panjangnya 15 Km jalan yang rawan. Untuk sekarang kita prioritaskan jaga titik-titik yang rawan longsor," jelasnya. (tribunjambi)
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tahun 2017 Kementerian PU Anggarkan 100 Miliar untuk Jalan Kerinci-Bangko Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library