• Pilihan

    Gempa Vulkanik Terjadi di Gunung Kerinci


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Pos Pengamatan Gunung Kerinci mendeteksi terjadinya gempa tremor di Gunung Kerinci. Kepala Pos pengamatan Gunung Kerinci, Indra mengatakan berdasarkan data yang dikeluarkan Pos Pengamatan Gunung Kerinci, gempa tremor terjadi pada Jumat (18/11).


    “Gempa tremor terjadi terus-menerus dengan panjang amplitudo 0,5-12 mm,” katanya Minggu (20/11)

    Selain gempa tremor, juga terdeteksi 7 kali gempa vulkanik dalam dengan panjang amplitudo 4-11 mm serta 3 kali gempa vulkanik dangkal dengan panjang amplitudo 5-15 mm.

    “Secara visual, cuaca terang-mendung, angin tenang, suhu udara 21-24°C, kelembaban 65-72%, Gunung Kerinci jelas-0II kabut, teramati asap kelabu tebal, tinggi asap 600-1.000 meter, tekanan lemah condong ke arah tenggara-timur dan utara-baratlaut. Terjadi hujan gerimis-sedang,” jelasnya

    Meski begitu, status Gunung Kerinci dipastikan masih waspada dengan ketentuan tidak boleh ada aktivitas dalam radius 3 km dari kawah aktif. Selain itu, sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih dapat terjadi abu dengan ketinggian yang bisa mengganggu jalur terbang.

    Sementara itu Gunung Kerinci Minggu (20/11) kembali menyemburkan asap tebal ke udara. Warga yang berada di Kayu Aro turut menyaksikan fenomena itu. Bahkan beberapa diantaranya mengabadikan hingga mengaplod ke akun facebook.

    Edi Asari warga desa Lubuk Pauh, Kayu Aro mengatakan kondisi Gunung Kerinci sudah seminggu ini memang mengeluarkan asap hitam pekat dari kawah. Bahkan terdengar suara gemuruh kecil. Namun demikian warga sekitar menganggap hal itu lumrah, menunjukkan Gunung Kerinci masih aktif.

    "Bagi warga aktifots tetap ke ladang, memang kondisi gunung kerinci sering begitu," ucapnya

    Sedangkan informasi dari pos jaga Gunung Kerinci, status Gunung Kerinci masih waspada. Pendaki tak boleh sampai ke puncak. Hanya direkomendasikan pendakian sampai shelter II.

    "Iya sudah dilarang sampai puncak, walaupun ada juga yang nekat," kata Dudung di Pos jaga Gunung Kerinci.

    sumber : tribun jambi
    • Komentra G+
    • Komentar Facebook

    1 komentar:

    1. Jadi kek mana kalo mo ndaki pak?apakah boleh mendaki ? Karena anggota kami punya planning ke kerinci akhir tahun ini , tolong di bales pak

      BalasHapus

    Item Reviewed: Gempa Vulkanik Terjadi di Gunung Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library