• Pilihan

    Elyusnadi : 14 Perda di Kerinci Dihapus


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Setelah 14 Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Kerinci dihapus atau dicabut oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Pemkab Kerinci bersama anggota DPRD Kerinci langsung melakukan pertemuan koordinasi dengan mendatangi Kemendagri dan Kemenkeu RI melakukan pembahasan.

    Ketua Komisi III DPRD Kerinci mengatakan pertemuan kordinasi ke Kemendagri dan Kemenkeu sebagai tindak lanjut penghapusan 14 Perda Kerinci. Karena menurut dewan masih ada Perda yang diperlukan di Kabupaten Kerinci, selain yang sudah diambil alih oleh masyarakat Kabupaten Kerinci.

    Elyusnadi merinci sejumlah Perda yang dicabut diantaranya, Perda nomor 9 tahun 2006 tentang retribusi izin dan gangguan, Perda nomor 13 tahun 2006 tentang izin usaha jasa konstruksi. Selain itu yang dihapus yakni, Perda nomor 3 tahun 2007 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD, Perda nomor 4 tahun 2007 tentang perangkat desa, serta Perda nomor 24 tahun 2007 tentang pertambangan umum.

    "Kami mengharapkan Perda yang tidak bertentangan dengan UU jangan dihapus karena sangat dibutuh oleh masyarakat seperti distribusi umum dan banyak lagi yang lain," bebernya

    Elyusnadi mengatakan bahwa menurut wakil rakyat sejumlah Perda yang tidak sesuai UU silakan dihapus namun hanya pada pasal-pasal tertentu saja. "Jangan semua satu judul seperti izin galian c dalam uu 23 kan sudah pindah Tufoksi ke propinsi Jambi," ujarnya

    Sedangkan Kabag Hukum Pemda Kerinci, Zufran mengatakan sudah ada perwakilan Seta Kerinci yang turut mendampingi anghota dewan yang melakukan pertemuan dengan Kemendagri. Zufran mengakui sebelumnya benar 14 Peda dicabut, namun saat ini dewan masih melakukan pembahasan bersama terkait hasil pertemuan tersebut.

    "Intinya memang ada Perda yang tidak sesuai dan juga sudah diambil alih oleh pemerintah provinsi. Seperti masalah galian c kan kewenangannya ada di provinsi. Itu yang dicabut dari sebelumnya didaerah. Kemudian ada juga yang sudah kita revisi. Ado memang kewenangannya dicabut," ungkapnya

    Kabag Hukum mengatakan dari Perda yang dicabut Ini, DPRD masih dibahas dan akan disampaikan dalam pandangan fraksi di DPRD Kerinci. "Ada juga yang dilakukan revisi dengan Perda perubahan. Yang direvsi ada pasal yang bertentangan dengan kewenangan yang lebih tinggi kita rubah," jelasnya. (Hdp)

    14 Perda yang Dicabut
    *Perda nomor 9 tahun 2006 tentang retribusi izin dan gangguan
    *Perda nomor 13 tahun 2006 tentang izin usaha jasa konstruksi. *Perda nomor 3 tahun 2007 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
    *Perda nomor 4 tahun 2007 tentang perangkat desa
    *Perda nomor 24 tahun 2007 tentang pertambangan umum.
    *Perda nomor 12 tahun 2007 tentang produk hukum daerah
    *Perda nomor 23 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pendaftaran dan pencatatan sipil
    *Perda nomor 2 tahun 2008 tentang izin usaha pertambangan bahan galian c
    *Perda nomor 9 tahun 2008 tentang izin usaha ketenagalistrikan
    *Perda nomor 15 tahun 2008 tentang uji ketenagaan kendaraan bermotor
    *Perda nomor 21 tahun 2011 tentang pajak daerah
    *Perda nomor 22 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum
    * Perda nomor 20 tahun 2013 tentang pertambangan rakyat
    *Perda nomor 3 tahun 2010 tentang pengelolaan barang milik daerah

    Sumber : Tribun Jambi.com



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Elyusnadi : 14 Perda di Kerinci Dihapus Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library