• Pilihan

    19 Dewan tak Datang Paripurna, BK: Sampai 3 Kali akan bermasalah


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kerinci sepi. Dari pantauan hanya di ikuti 11 orang anggota DPRD Kerinci dari 30 anggota dewan. Sehingga lebih dari 70 persen anggota dewan tidak melaksanakan tugasnya pada Selasa (23/5) tempat paripurna digelar.

    Rapat paripurna mendengar pandangan Umum fraksi-Fraksi DPRD kerinci terkait dengan penyertaan modal di Bank Jambi dan juga Ranperda tentang pembentukan BPR Kerinci dan penyertaan modal ke Bank Perkreditan Rakyat.

    Meski anggota dewan yang hadir dibawah 50 persen namun paripurna tetap berjalan. Tidak hanya kursi DPRD Kerinci yang terlihat sepi, kursi pejabat eselon di jajaran Pemerintah Kabupaten Kerinci juga terlihat hanya beberapa orang yang hadir.

    Di samping itu, rapat molor dari jadwal, karena lama menunggu anggota dewan dan pejabat lainnya. Menurut jadwal, paripurna tersebut dimulai pukul 09.00 WIB. Namun hingga pukul 11.30 WIB, paripurna belum dimulai. Seorang pegawai DPRD Kerinci aaat dikonfirmasi membenarkan bahwa Rapat Paripurna kembali molor dari jadwal karena masih banyaknya anggota yang belum hadir.

    "Iya jadwal rapat seharusnya jam 9, tapi baru sedikit anggota DPRD yang datang. Kita tidak tahu mengapa," katanya.

    Seemntara itu salah seorang kepala dinas di Pemkab Kerinci mengatakan dirinya sudah dua jam menunggu di ruangan rapat, namun sampai saat ini belum juga dimulai. "Saya sudah dua jam menunggu, dalam undangan jadwalnya pukul 09.00 WIB, tapi belum juga dimulai, ada sebagian pejabat yang sudah kembali ke kantor," ujarnya.

    Paripurna baru berjalan sekitar pukul 12.00 Wib. Dengan jumlah dewan sedikit datang tetap dilanjutkan. Sedangkan menurut keterangan wakil DPRD Kerinci Murtias banyaknya dewan yang tidak hadir dikarenakan ada yang sedang berangkat dalam tugas partai di Jambi. Selain itu memang berhalangan hadir, ada juga yang tanpa keterangan.

    "Dewan yang tak hadir memang keluar daerah ada agenda partai. Ada juga memang berhalangan," ucapnya.

    Murtias mengakui sudah seringkali paripurna tak dihadiri banyak dewan. Namun atas hal ini, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Kehormatan untuk melakukan tugasnya.

    Sedangkan Ketua Badan Kehormatan DPRD Kerinci, Subastian Ismail mengakui banyak anggota dewan yang absen dikarenakan ada anggota dewan yang urusan keluar daerah diacara partai.

    "Kalau masalah diinternal tidak ada memang anggota dewan yang menghadiri acara partai," jelasnya.

    Subastian menambahkan, menurut aturannya jika sampai tiga kali anggota dewan tidak hadir acara paripurna maka dia akan bermasalah. Bisa saja diberikan peringatan, sanksi atau lainnya. Subastian mengatakan sejauh ini belum ada dewan yang sampai tiga kali, namun sudah ada yang dua kali meninggalkan paripurna. Ia mengingatkan dewan agar taat aturan sebagai wakil rakyat.

    "Kalau tiga kali tidak hadir diparipurna maka anggota dewan akan bermasalah, karena BK akan memberikan peringat kepada yang bersangkutan," tandasnya.

    Sumber : Tribun Jambi.com



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 19 Dewan tak Datang Paripurna, BK: Sampai 3 Kali akan bermasalah Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library