• Pilihan

    Belum Resmi Dibuka, Jalur Gunung Kerinci Lewat Solsel Butuh 4 Hari

    Gunung Kerinci


    KERINCINEWS.COM, KERINCIKepala Seksi Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB TNKS) Wilayah Kerinci, Cahyo mengatakan bahwa jalu pendakian baru ke gunung Kerinci lewat Solok Selatan belum secara resmi dibuka. Karena masih dilakuka survei dilapangan.

    Bahkan ada wacana bagi wisatawan yang naik dari Solok Selatan, maka turun tetap di Kersik Tuo Kayu Aro.

    "Sebelumnya ada mitra kita diminta untuk mensurvei jalur tersebut. Memang kemarin kita ikut rapat membawah wacana naik dari sana (Solok Selatan) turun dari Kersik Tuo kerinci. Kita khawatirkan tersesat minimal kalau ada pendaki dari Solok Selatan memberitahukan ke kami (TNKS) wilayah kerinci. Supya bisa kita ikut pantau. Takut nanti ada yang hilang," jelasnya dihubungi Tribun baru-baru ini.

    Dia mengatakan persoalan izin juga belum darj balai TNKS masih lakukan pengkajian. "Kalau bukak secara resmi disana belum. Kemarin dari Pemda Sumbar memang mendukung," ujarnya

    Dia mengatakan ada perbedaan mencolok dari dua jalur tersebut. Dari hasil pembahsaan rapat di Balai besar TNKS, diketahui dari hasil lapangan, bahwa jalur Kersik Tuo lebih dekat. "Kalau kersik tuo perjalanan 2 hari semalam. Kalau dari solok selatan kalau nggak salah 4 hari 3 malam. Lebih lama disana," katanya lagi.

    Sementara itu Bupati Kerinci Adirozal mengajak semua masyarakat untuk terus menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman. Agar ke depan Kabupaten Kerinci akan selalu menjadi tujuan wisata.

    Bupati mengatakan untuk jalur Tugu Macan (Kersik Tuo) akan tetap menjadi pilihan jalur masuk untuk pendakian Gunung Kerinci. "Jadi bagi masyarakat kita yang penting ramah dengan wisatawan. Kita harus memberikan pelayanan yang baik," katanya.

    Sebelumnya Kasi Pemanfaatan dan Pelayanan BB-TNKS Kerinci, Yohan Hendratmoko mengatakan untuk jalur pendakian menuju Gunung Kerinci dari desa Bangun Rejo, Solok Selatan belum dibuka untuk umum. "Memang ada yang mendaki lewat jalur Solok Selatan, tapi itu hanya masih dalam tahap studinya untuk melakukan kajian. Jadi tidak dibuka untuk umum, sampai saat ini jalur pendakian resmi masih dari kersik tuo," jelasnya

    Sumber: tribun jambi
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Belum Resmi Dibuka, Jalur Gunung Kerinci Lewat Solsel Butuh 4 Hari Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library