• Pilihan

    Warga Kerinci Minta Normalisasi Sungai Batang Merao


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Sungai Batang Merao yang merupakan Sungai terbesar di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh. Sungai tersebut menjadi penyebab terjadinya musibah banjir, karena air sungai meluap saat hujan datang.

    Menurut warga hal ini disebabkan sungai Batang Merao yang dangkal di dasarnya. Setiap terjadi hujan lebat terutama di hulu selalu mengakibatkan banjir di desa yang berada didekat sungai. Kondisi di perparah lagi dengan telah dangkalnya Sungai Batang Merangin didekat Danau Kerinci, sehingga lambatnya arus air.

    "Sungai Batang Merao ini sudah perlu dilakukan normalisasi, terutama dimuaronyo, sebab kalau masih dangkal seperti ini setiap hujan pasti kami di sepajang sungai ini keno banjir," ujar toni salah seorang warga kecamatan Depati Tujuh Minggu (17/9).

    Umumnya rumah masyarakat yang tinggal di sepanjang Sungai Batang Merao, sudah menjadi langganan banjir. Bahkan dua hari lalu ratusan rumah di kecamatan depati Tujuh terendam banjir akibat meluapnya air sungai.

    Untuk itu warga lainya selalu berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci dan pihak terkait untuk dapat melakukan normalisasi sungai. "Walaupun banjirnyo dak lamo tapi kalau sudah masuk rumah pasti ada kerugian bagi kami, seperti alat elektronik banyak yang rusak," ungkapnya.

    Sementara itu, Kabid Kedaruratan BPBD Kerinci Asril dikonfirmasi mengatakan untuk normalisasi Sungai Batang Merao bukanlah kewenangan dari BPBD, namun merupakan tugas dari Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS). "Tapi tahun ini ada dua titik yang dilakukan normalisasi yaitu di Siulak," katanya.

    Sedangkan untuk titik lain di sepanjang Sungai Batang Merao, pihaknya sudah mengusulkan proposal ke Balai Wilayah sungai untuk dapat melakukan normalisasi. Karena memabg sungai sudang mendangkal. "Proposal tahap pertama sudah kita ajukan saat ini kita akan mengajukan untuk tahap kedua, kita harapkan bisa dikabulkan," pungkasnya.


    Sumber : Tribunjambi.com



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Warga Kerinci Minta Normalisasi Sungai Batang Merao Rating: 5 Reviewed By: Kerinci Zone
    Scroll to Top
    //add jQuery library