• Pilihan

    Jangan Terlarut Dengan Cara Yang Ndeso

    JANGAN TERLARUT DENGAN CARA YANG NDESO
    Oleh:
              Heru Gunawan                  M. Fadhel Aditya, S.H

    Pembangunan dari desa, kembali kedesa merupakan nawacita pemerintah nasional. Keseriusan pemerintah nasional terhadap pembangunan desa telah diprogramkan secara nasional yang dianggap penting yaitu Pendidikan karakter. bangsa Indonesia saat ini Menghadapi proses peremajaan system demokrasi dan tidak mustahil proses peramajaan demokrasi ini menjadi boomerang terhadap karakter suatu bangsa. Demokrasi yang dilandasi dengan nafsu kekuasaan semata tentunya akan berimbas pada tatanan social Masyarakat yang belum siap terhadap demokrasi itu sendiri.saat ini demokrasi yang di bungkus dalam politik yang membabi buta oleh pemain pemain elit pengejar kekuasaan pada tingkat nasional maupun daerah yang berdiri diatas kepentingan rakyat.
    Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada moment ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun ke depan. Banyak bentuk pesta demokrasi yang telah digelar dalam kehidupan politik kita sekarang. Pilpres, Pilkada Gubernur, Pilkada Bupati/walikota dan Pemilu Legeslatif. Tak ketinggalan adalah Pilkades. Begitu menarik untuk kita lihat lebih dalam tentang budaya pemilihan kepala desa ini.
    Dalam Pilkades perlu adanya ketelitian dari tiap calon pemilih dalam menilai calon pemimpin yang akan dipilihnya tersebut. Namun pilkades terasa lebih spesifik dari pada pemilu-pemilu di atasnya. Karena antara calon pemilih  dan calon kepala desa mempunyai kedekatan dan keterkaitan. Dalam hal ini pilkada bupati dan walikota sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pilkades, Karena hangat nya pesta PILKADA Bupati/Walikota berimbas pada pemilihan kepala desa.
    Sisa-sisa perang PILWAKO sungai penuh ke 2 dirasakan pada tatanan kehidupan, tatanan politik dan sosial masyarakat. Pada tatanan kehidupan, masyarakat banyak yg berselisih paham antar keluarga, tetangga dan kumpulan masyarakat itu sendiiri. Tatanan politik dan sosial, masyarakat menjadi aktif dalam pembangunan daerah namun pada masyarakat terjadi konflik Sosial. Konfilk Sosial pada masyarakat berawal dari ketidak siapan masyarakat terhadap demokrasi. Faktor utama kondisi ini terjadi pada masyarakat yaitu dari pemain pemain elit pengejar kekuasaan. Pemain pemain elit pengejar kekuasaan ini menyerang norma agama, adat dan tatanan sosial, dikarenakan norma-norma ini hidup dan melekat di kehidupan masyarakat sehingga itu menjadi kekuatan dari pemain pemain elit itu sendiri.  
    Kondisi dinamika politik PILWAKO Sungai Penuh nantinya akan diadopsi oleh masyarakat di PILKADES Serentak Kota Sungai Penuh. Kondisi ini tidak seharusnya berkelanjutan di PILKADES serentak Kota Sungai Penuh dikhawatirkan tatanan kehidupan, tatanan politik dan social masyarakat akan menuju kepada kehancuran, perpecahan, dan sikap apatis antar sesama masyarakat.
    Masyarakat mempunyai hak politik yang merupakan hak dasar sebagai warga negara, hak untuk mengeluarkan pendapa dan menyalurkan aspirasi politiknya. Pemahaman terhadap hak-hak dasar tersebut harus dibatasi dengan norma. 



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jangan Terlarut Dengan Cara Yang Ndeso Rating: 5 Reviewed By: Afyan tori
    Scroll to Top
    //add jQuery library