• Pilihan

    Mahasiswa.. Kehilangan Arahkah Mereka?? Atau Berselimut Kepentingan..

    Mahasiswa.. Kehilangan Arah Atau Berselimut Kepentingan 
    Oleh : Afyantori 


    Mahasiswa merupakan salah satu elemen masyarakat yang sangat penting peranannya. Dimana peranannya bukan hanya menuntu ilmu, melainkan menjadi sebuah elemen yang mampu mengubah apa yang salah menjadi benar. Mahasiswa bukan sekedar mengenyam pendidikan tetapi harus menjadi suatu tolak ukur dalam hal kebenaran.

    Seperti yang kita ketahui, mahasiswa merupakan "Iron Stock" atau Generasi penerus yabg meeupakan sebagai tulang punggung bangsa dimasa depan, mahasiswa diharapakan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya. Intinya mahasiswa itu merupakan aset, cadangan, harapan bangsa untuk masa depan bangsa Indonesia .

    Tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh organisasi yang ada akan bersifat mengalir, yaitu ditandai dengan pergantian kekuasaan dari golongan tua ke golongan muda, oleh karena itu kaderisasi harus dilakukan terus-menerus. Dunia kampus dan kemahasiswaannya merupakan momentum kaderisasi yang sangat sayang bila tidak dimanfaatkan bagi mereka yang memiliki kesempatan.

    Mahasiswa dengan segala kelebihan dan potensinya tentu saja tidak bisa disamakan dengan rakyat dalam hal perjuangan dan kontribusi terhadap bangsa. Mahasiswa pun masih tergolong kaum idealis, dimana keyakinan dan pemikiran mereka belum dipengarohi oleh parpol, ormas, dan lain sebagainya. Sehingga mahasiswa menurut saya tepat bila dikatakan memiliki posisi diantara masyarakat dan pemerintah.

    Namun seiring nya waktu serta zaman telah dimasuki dengan zaman moderniasi serta pesatnya persaingan teknologi. Sebenarnya ini salah satu langkah terbaik bagi kaula muda memanfaatkan sebaiknya guna penempaan diri dalam menghadapi persaingan era globalisasi saat ini.

    Taktkala kita melihat dengan seksama pada saat ini, banyak kaula muda terjebak serta terjerumus akan salahnya pemanfaatan teknologi. Yang dimana kajian-kajian ilmiah telah basi bagi mereka. Namun ada sebuah kebiasaan baru muncul, duduk di cafe gaya-gayaan, berfose ala kekinian demi koleksi media sosial namun mengabaikan kondisi sosial.

    Apa yang salah atau ada yang berubah pada paradigma mahasiswa???
    Mungkin terkontamidasi dengan kenyamanan, kemewahan dan secara tak sadar perlahan menenggelamkan diri ke dalam kepasrahan serta keacuhan status yang disandang, tugas yang terjalankan dan mungkin hanya ditakutkan dengan tugas perkuliahan.

    Penulis tidak menyebutkan semua mahasiswa berlaku demikian tapi lebih dari 85 % telah terjerumus dalam keasyikan dengan kemewahan.

    Yang dimana sekarang suara dibungkam, tanpa kritikan maupun sumbangsi pemikiran. Keidelisan tergadai akan kepentingan, entah siapa yang memanfaatkan atau semua gerakan telah dimatikan demi kepentingan golongan dengan mengorbankan peran dan fungsi kemahasiswaan.

    Terkhusus diranah Kerinci-Sungai Penuh, krtitikan hanya sebatas kepentingan seterusnya hilang tanpa alasan, gerakan dimanfaatkan dan ditakuti dengan ancaman serta tawaran kepentingan yang sangat melezatkan.

    Sekarang tergantung bagaimana disetiap organ mahasiswa baik intern kampus maupun ekstern kampus menyikapi akan kemunduran ini.

    Kembali tancapkan benih-benih yang katanya mahasiswa selalu cederung akan kebenaran serta melawan akan kezaliman dan juga selalu menyumbangsikan pemikiran - pemikiran dalam peranya dalam pembangunan daerah maupun bangsa. Sudah saatnya kembalikan gairah-gairah Indendensi dengan tetap selalu menyampaikan aspirasi dengan slogan "Agen Of Change" dan "Agent Of Social Control" dan tentunya didasari ilmu pengetahuan tanpa harus menelantarakan bangku perkuliahan. 
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Mahasiswa.. Kehilangan Arahkah Mereka?? Atau Berselimut Kepentingan.. Rating: 5 Reviewed By: Afyan tori
    Scroll to Top
    //add jQuery library