• Pilihan

    Jokowi akan Beri Gelar Pahlawan untuk Pendiri HMI

    Keluarga Alumni HMI (KAHMI) setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana soal pengusulan pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane jadi pahlawan nasional. (Danu Damarjati/detikcom)


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dikabarkan akan menjadi pahlawan nasional. Hal ini dibicarakan Keluarga Alumni HMI (KAHMI) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan tertutup.

    "Kami sebenarnya sudah lama mengusulkan ke Presiden, sudah sejak dua tahun lalu, tentang pendiri HMI agar diangkat dan ditetapkan menjadi pahlawan nasional," kata Koordinator Majelis Nasional Presidium KAHMI, Mahfud MD, dalam jumpa pers seusai pertemuan dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017).

    Dia menjelaskan pengajuan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional sudah diuji oleh 27 kampus di Indonesia. Lafran mendirikan HMI di Yogyakarta pada 5 Februari 1947. 

    Suasana silaturahmi KAHMI dengan Presiden Joko Widodo


    "Alhamdulillah, tadi Pak Presiden (mengatakan) Profesor Lafran Pane itu memang layak menjadi pahlawan nasional. Dan insyaallah pada tanggal 9 atau 10 bulan November ini, Bapak Presiden akan menganugerahkan gelar ke Lafran Pane sebagai pahlawan nasional," kata Mahfud.

    Sebelumnya, Menteri Sosial yang juga Ketua Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) menyebut Lafran Pane sebagai salah satu kandidat pahlawan nasional. 

    TP2GP adalah tim yang menggodok nama-nama kandidat pahlawan nasional sebelum diambil keputusan. Usulan TP2GP diajukan ke Presiden melalui Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan untuk mendapatkan persetujuan penganugerahan pahlawan nasional. (dnu/jbr/detik)










    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jokowi akan Beri Gelar Pahlawan untuk Pendiri HMI Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library