• Pilihan

    Kerinci Dalam Harapan Menuju Kemakmuran

    Kerinci Dalam Harapan Menuju Kemakmuran 

    Oleh : Cecep Randa Pranata


    Kerinci merupakan kabupaten paling barat di provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Barat dan Bengkulu. Kabupaten Kerinci memiliki luas wilayah 3.808,5 km2 dan penduduk 237 ribu  jiwa. Mayoritas penduduk Kerinci merupakan suku Kerinci.

    Kabupaten Kerinci pada  tahun 2008 masih beribukota di Sungai Penuh. Setelah pemekaran daerah dari tahun 2008 hingga sekarang 2017 , pusat pemerintahan dipindahkan secara berangsur-angsur  ke Bukit Tengah. Kerinci mempunyai luas 3.808,50 km2 yang terletak di sepanjang Bukit Barisan. Dari luas 1918,19 km2 atau sebesar 50,38 % merupakan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat. Kabupaten Kerinci merupakan salah satu lumbung pangan bagi Provinsi Jambi maupun Provinsi sekitarnya.

    Dilihat dari perkembangan secara geografis kabupaten kerinci dan kota sungai penuh di kelilingi bukit barisan dan taman Nasional kerinci Seblat( TNKS ) yang di lindungi oleh undang undang  negara dan dunia.

    Faktor secara geografis tersebut berdampak pada  potensi kemajuan kabupaten kerinci dan kota sungai penuh baik secara ekonomi, pendidikan, budaya, wisata dan lain sebagainya.

    Akan tetapi  Dari potensi tersebut masyarakat kerinci dan kota sungai penuh kerap sekali terhalang dari ancaman alam seperti gempa bumi, longsor, banjir, kebakaran hutan dan lain sebagainya yang juga pemadaman listrik yang berkelangsungan, semua ini adalah ancaman bagi masyarakat kerinci dan kota sungaipenuh dalam  proses yang kiranya lamban dalam mengatasi dan di anggap enteng.

    Seharusnya dengan permasalahan tersebut salah satu solusi nya untuk menghubungkan peran sistem kemajuan tidak jauh dari terawatnya inprastruktur yang baik, dengan letak antara zona perbatasan dua provinsi ini seharusnya yang menjadi jembatan kemajuan dalam jalur evakuasi kerinci untuk mempermudah masyarakat dalam mengembangkan hasil perkebunan dan pertanian mereka, sebab kerinci sampai hari ini hanya memiliki tiga jalur utama untuk keluar atau masuk dan di tambahkan dengan adanya pesawat terbang demi kelancaran, ini juga di sebabkan  pada iklim yang kurang baik seringkali mengganggu aktifitas masyarakat kerinci dan kota sungaipenuh.

    Maka dari pada itu pemerintah dan masyarakat kerinci harus membuka akses baru dalam bidang inprastruktur terhadap jalan evakuasi demi kelancaran bagi masyarakat kerinci hendaknya agar masyarakat kerinci unggul dalam sektor informasi dan transportasi baik lewat udara ataupun darat, kalau ini yang di lakukan oleh pihak pemerintah dan masyarakat kerinci saya selaku mahasiswa kerinci sangat yakin dan percaya, beberapa tahun kedepannya perubahan pertumbuhan kerinci dan kota sungai penuh dari sektor pendidikan, ekonomi,kebudayaan dan lain sebagainya akan maju tanpa hambatan dan ancaman seperti sekarang ini.



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kerinci Dalam Harapan Menuju Kemakmuran Rating: 5 Reviewed By: Afyan tori
    Scroll to Top
    //add jQuery library