• Pilihan

    Astaga, Suhu di Kerinci Pernah Turun Drastis jadi 12 Derajat Celsius


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Suhu di kabupaten paling barat Provinsi Jambi, Kerinci, saat ini terasa lebih dingin dibandingkan hari-hari sebelumnya. Kondisi itu terasa di semua wilayah, terutama di daerah Kayu Aro, yang selama ini dikenal dengan suhu sejuknya.

    “Iya, sudah tiga hari ini suhu di Kerinci memang terasa sangat dingin. Air di kamar mandi saja seperti baru keluar dari dalam kulkas,” kata Fahri, warga Sitinjau Laut.

    Dia khawatir suhu ini akan berdampak terhadap pertanian dan peternakan milik warga.
    Pasalnya, dengan kondisi suhu seperti sekarang, banyak ternak yang terserang penyakit. Suhu dingin, juga dirasakan oleh pendaki Gunung Kerinci. Sejumlah pendaki mengaku suhu di Gunung Kerinci terasa jauh lebih dingin dari biasanya.

    “Suhu di Gunung Kerinci saat ini benar-benar dingin. Bagi pendaki yang akan naik ke puncak, untuk membawa peralatan yang lengkap, seperti perlengkapan penghangat,” kata Ari, pendaki Gunung Kerinci.

    Prakirawan Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kerinci, Mardiansyah, mengatakan penurunan suhu saat ini karena pada malam hari faktor angin darat, yang berhembus dari pegunungan ke permukaan laut. Ditambah lagi dengan kontur permukaan daratan Kerinci dan Sungai Penuh, yang dikelilingi deretan bukit dan pegunungan, membuat suhu udara begitu dingin.

    Pada saat ini, skala regional angin bertiup dari baratan (barat, barat laut) yang membawa uap air sehingga kondisi atmosfer pada saat ini kelembabannya cukup dingin.

    Kepala BMKG Kerinci, Jon Haides, mengaku kondisi saat ini belum begitu dingin. Kawasan di sekitar Gunung Kerinci pernah dilanda cuaca ekstrem pada 1995. Ini terjadi sebelum terjadi gempa di daerah itu. Suhu di kawasan Gunung Kerinci tiba-tiba merosot drastis hingga 12 derajat celsius.


    Sumber : Tribunjambi.com



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Astaga, Suhu di Kerinci Pernah Turun Drastis jadi 12 Derajat Celsius Rating: 5 Reviewed By: Zaliya Kreatif
    Scroll to Top
    //add jQuery library