• Pilihan

    Budi Gunawan Tersangka, Sutarman Dicopot, Haiti Jabat Plt Kapolri

    Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/1) malam, mengenai dua Keppres yang ia terbitkan. Pertama pemberhentian Jenderal Pol Sutarman sebagai Kapolri dan Keppres berisi pengangkatan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Plt Kepala Polri
    KERINCINEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil keputusan terkait pengangkatan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Jokowi akhirnya memilih menunda pelantikan tersangka kasus gratifikasi tersebut menjadi Kapolri, menggantikan Jenderal Sutarman. Presiden lantas menunjuk Wakapolri Komjen Badrodin Haiti menjadi Plt Kapolri.

    Jokowi mengatakan, penundaan pengangkatan Budi Gunawan dilakukan karena yang bersangkutan tengah menjalani kasus hukum. Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi. Penetapan sebagai tersangka dilakukan setelah presiden melayangkan surat permohonan persetujuan kepada DPR. Parlemen sendiri telah menyepakati Budi Gunawan menjadi Kapolri.

    Presiden menegaskan bahwa pelantikan Budi Gunawan yang merupakan mantan ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjabat presiden tersebut tidak dibatalkan. "Ditunda, bukan dibatalkan," kata Jokowi di kompleks istana kepresidenan, Jakarta, Jumat malam (16/1).

    Sementara itu, Jenderal Pol Sutarman juga hadir di Istana saat pengumuman tersebut terlihat sumringah meski dipaksa meninggalkan jabatannya sebagai orang nomor satu di institusi Kepolisian RI. Saat mengikuti jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara, tak ada raut wajah muram yang diperlihatkan Sutarman. Petinggi Polri yang harusnya baru pensiun pada Oktober nanti itu tetap mengumbar senyuman.

    Sutarman mengaku sudah siap menyerahkan tugasnya pada pelaksana tugas (Plt) Kapolri, Komjen Badrodin Haiti. "Saya menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Kapolri kepada Wakapolri yang ditugaskan dengan keppres juga untuk melaksanakan tugas Kapolri," kata Sutarman.

    Karenanya Sutarman menegaskan bahwa Badrodin akan menjalankan tugasnya sebagai pengguna anggaran dan pelaksana kegiatan kepolisian di seluruh RI. Seluruh kegiatan pembinaan dan operasional Polri, sambung Sutarman, sudah beralih ke Badrodin. "Oleh karena itu saya terima kasih pada seluruh rakyat dan dukungan selama saya menjabat sebagai Kapolri dan terima kasih seluruh anggota yang telah bekerja dengan baik. Dan diharapkan akan terus dilakukan oleh Wakapolri," sambung mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid itu.

    Badrodin juga mengungkapkan hal senada. Ia mengaku sudah siap menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai Plt Kapolri. "Saya selaku Wakapolri melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab Kapolri karena memang tidak boleh ada kekosongan pimpinan. Oleh karena itu saya mengajak seluruh jajaran Polri untuk membantu melaksanakan tugas Polri sesuai tugas dan aharapan masyarakat," tandas Badrodin.(flo/jpnn)



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca : Budi Gunawan Tersangka, Sutarman Dicopot, Haiti Jabat Plt Kapolri



    Baca Juga Berita Terkait 
    KPK vs Polri
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Budi Gunawan Tersangka, Sutarman Dicopot, Haiti Jabat Plt Kapolri Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library