• Pilihan

    Kalau Benar Batu Muara Emat Ada Emasnya, Kita Buat Perda



    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kerinci Elyusnadi SKom MSi menyampaikan bahwa di wilayahnya ditemukan adanya batu mulia yang diduga mengandung unsur emas. 
    Penemuan batu mengandung unsur tersebut di wilayah Muaro Emat Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci ketika hendak dibawa keluar daerahnya pada hari Sabtu (10/01) kemarin.

    Lanjutnya, ia mempunyai firasat tentang keberadaan batu itu, karena pada batu itu terdapat warna hitam dengan kombinasi kuning.
    "Ketika saya hendak menuju Kerinci, saya melihat di dalam bak motor seseorang terdapat batu yang berwarna hitam dengan kombinasi warna kuning yang katanya hendak dijual ke Padang, Sumatera Barat," ujar Ketua DPC PPP Kabupaten Kerinci ini.

    Menyikapi kondisi ini, ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui SKPD terkait untuk meninjau ke lokasi yang diduga masih banyak mengandung unsur emas tersebut.
    "Kita mengupayakan untuk hearing dengan Pemkab Kerinci, terutama dengan Dinas Perindag, dalam hal eksplorasi/penelitian dan eksploitasi/pemanfaatan barang tambang yang ada di wilayah Batang Merangin," katanya.

    Elyusnadi mengatakan kurangnya SDM pemerintah dalam hal pertambangan ini menimbulkan kurangnya keinginan dan motivasi dalam pengelolaan barang tambang, salah satunya penambangan galian C.
    "Kalau kita mau jujur Kerinci masih kekurangan tenaga ahli, sehingga tanah Kerinci dikotak-katik oleh pihak luar atau pihak yang tidak berkompeten di bidang pertambangan," jelasnya.

    Diakui oleh Dosen STIA Nusa ini, dalam hal tambang di wilayah Kerinci, terutama di bagian hilir memiliki potensi yang menjanjikan untuk pertambangan emas. Namun disayangkan belum adanya peraturan yang mengatur. Padahal pertambangan merupakan andalan PAD Kerinci yang belum tersentuh secara optimal.
    " Jika memang benar batu di wilayah Batang Merangin mengandung emas, maka kita akan membuat Perda sekaligus menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kerinci. Persoalan pertambangan juga harus kita kaji secara lebih serius lagi," sebutnya.

    Ingin mengetahui lebih jelas terkait batu tersebut, ia langsung membawa ke toko emas untuk ditelusuri secara pasti apakah benar atau tidak batu tersebut mengandung emas.
    "Sudah saya bawa ke salah satu toko emas di Sungai Penuh untuk diteliti apa benar atau tidak dugaan saya, tetapi hasilnya belum diketahui," tegasnya.

    Aktivitas pertambangan masih marak di Kab. Kerinci, namun lagi-lagi terkendala Perda yang mengatur. Pasalnya masih ada beberapa dugaan lain yang mengarah kepada kekayaan di Bumi Sakti Alam Kerinci yang hanya dinikmati oleh segelintir oknum-oknum yang memiliki keahlian dalam bidang ini.

    Pantauan SR28 di lapangan, ada oknum yang berkewarga negaraan asing yang tinggal di Sungai Penuh, tanpa diketahui pasti apa tujuan kedatangannya ke wilayah Kerinci. (SR28)



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Kalau Benar Batu Muara Emat Ada Emasnya, Kita Buat Perda
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kalau Benar Batu Muara Emat Ada Emasnya, Kita Buat Perda Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library