• Pilihan

    Pemkab Turun Tangan Perselisihan Tapal Batas Dua Desa Sungai Batu Gantih dengan Desa

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Sengketa batas desa antara desa Batu Gantih (desa induk) dengan Desa Batu Ganti Hilir Kecamatan Gunung Kerinci akhirnya selesai dimeja perundingan,  kedua belah pihak sama-sama sepakat menerima putusan dari pemerintah kabupaten Kerinci yakni menetapkan batas dua desa bersaudara ini adalah sungai yang ada diantara dua desa.

    Dalam penyelesaian masalah batas kedua Desa tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten telah melaksanakan pertemuan dengan perangkat desa, tokoh adat dan karang taruna kedua desa untuk menyelesaikan secara musyawarah.

    Hal ini katakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Penyuluhan Keluarga Berencana (BPMPDPPKB) Kabupaten Kerinci, Adli kemarin. Dikatakan dia untuk persoalan Batas Desayang disengketakan Kedua Desa yakni Sungai Batu Gantih dengan Sungai Batu Gantih Hilir, pihak telah melakukan musyawarah dan telah mendapatkan kesepakatan untuk batasnya.

    "Kita telah mengundang kepala desa bersama dengan tokoh adat dan karang taruna kedua desa pada Jumat pagi kemarin, hasilnya untuk batas dari kedua Desa ditetapkan adalah Sungai. Kedua desa itu sama-sama menerimanya," jelasnya.

    Dikatakan Adli, terkait dengan persoalan tersebut, pihaknya telah meninjau langsung ke lapangan, untuk luas wilayah dan batasnya. Karena sebelumnya didalam Peraturan Daerah (Perda) tersebut  tidak ditentukan peta, karena didalam tersebut hanya ditentukan batas-batas kemudian jumlah kependudukan dan KK, sementara untuk kepastian batas-batas tersebut ditentukan dilapangan dan ditetapkan keputusan Bupati.

    "Penentuan batas Desa itu, sesuai dengan usulan yang diajukan desa yang minta untuk melakukan pemekaran, ini diajukan dari Desa induk (Sungai Batu Gantih Hilir, red). Namun, sekarang persoalan batasnya belum ada kepastian. Sesuai bunyi dalam Perda itu, batas desa secara definitif ditetapkan oleh Bupati sesuai dengan situasi di Lapangan dan kita juga sudah melihat ke lapangan," terangya kemarin.

    Dikatakan, sebelumnya batas wilayah ini disengketakan, karena sekelompok masyarakat dari Sungai Batu Gantih mengklaim wilayah Sungai Batu Gantih Hilir yang merupakan Desa pemekaran telah masuk dalam wilayah yang telah ditetapkan.

    "Batas Desa yang disengketakan ini berawal dari beberapa orang dari Sungai Batu Gantih yang merupakan Desa Induk dari Sungai Batu Gantih Hilir, namun alhamdulillah masalah ini akhirnya bisa diselesaikan  sehingga tidak berdampak terhadap konflik sosial," pungkasnya



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemkab Turun Tangan Perselisihan Tapal Batas Dua Desa Sungai Batu Gantih dengan Desa Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library