• Pilihan

    Vonis Tak Disertai Uang Pengganti, Adi Muklis Kecewa

    KERINCINEWS.COM, SUNGAIPENUH - Di Samping membantah keterlibatan Ade Utama atas kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) APBD Kerinci tahun 2008. Vonis hakim untuk empat terdakwa yang diyakini memang terlibat juga disoroti Adi Muklis selaku pelapor.

    Adi Muklis yang juga saat ini sedang mendekam dibalik jeruji besi Rumah Tahanan Sungaipenuh menjalani masa hukuman kasus yang sama, mengaku mengaku kecewa terhadap putusan hakim.

    Saat ditemui di Rutan Sungaipenuh, Adi Muklis, mengaku putusan tiga tahun penjara dan denda Rp 50 juta, belum berimbang dengan vonis yang dijalaninya. Salah satunya terkait pembayaran uang pengganti.

    “Ya, vonis saya sendiri 4 tahun dan 6 bulan penjara, sedangkan mereka hanya 3 tahun penjara. Ini tidak begitu saya kecewakan, tapi yang saya keluhkan kenapa mereka tidak diminta membayar uang pengganti,” jelasnya.

    Dijelaskannya, vonis yang dijalaninya sendiri, diminta untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 1,25 Milyar. Padahal uang tersebut tidak hanya dirinya menikmati, tapi dibagikan kepada anggota DPRD Kerinci periode 2004-2009 lalu.

    “Mereka kan juga menerima dana itu, tapi kenapa saya saja yang harus menanggung uang penggantinya. Ini seakan-akan saya saja yang menerima uang itu,” jelasnya.

    Selain uang pengganti, dirinya juga dituntut untuk membayar denda sebesar Rp 200 juta. Jika uang pengganti dan denda tidak dibayar, maka masa hukuman akan ditambah.

    “Bagaimana mau membayar uang penggantinya, kan uangnya sudah dibagi dulu masing-masing sebesar Rp 42 juta. Jadi masa tahanan saya bisa ditambah, 4 bulan untuk uang pengganti, dan 4 bulan lagi untuk denda, jadi saya disini menjalani masa hukuman 5 tahun dan 4 bulan penjara,” ujarnya.

    Dikatakannya, seharusnya terdakwa kasus bansos yang divonis kemarin juga harus dibebankan uang pengganti. Karena terdakwa tersebut benar-benar ikut menerima dan menikmati dana itu.

    “Kecuali Ade Utama, karena dia memang tidak terlibat dan tidak menerima uang tersebut. Untuk yang lainnya ya harusnya diminta bayar uang pengganti, ini saja yang menjadi keluhan dan kekecewaan saya terhadap vonis tersebut,” terangnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Vonis Tak Disertai Uang Pengganti, Adi Muklis Kecewa
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Vonis Tak Disertai Uang Pengganti, Adi Muklis Kecewa Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library