• Pilihan

    Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen, Petani Koto Majidin Kerinci Menjerit

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Puluhan petani di Desa Koto Majidin, Kecamatan Air Hangat mengeluhkan program pola sri. Pasalnya, 10 hektar sawah milik petani yang menjalankan program tersebut rusak dan gagal panen.

    Tidak hanya gagal panen yang dikeluhkan petani, bantuan dana program pola sri sebesar Rp 20 juta untuk 10 hektar sawah petani tidak sampai seluruhnya ketangan sekitar 30 orang petani.

    Jaman Idris, salah seorang anggota Kelompok Tani Maju Karya Koto Majidin mengatakan, awalnya pihaknya ditawari program Pola Sri dari Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Jambi melalui Distan Kabupaten Kerinci. Menurut pihak Distan bibit yang akan diberikan sangat bagus, sehingga petani bersedia menerima program tersebut.

    “Kami ditawari program Pola Sri, katanya bantuan dari Provinsi Jambi, dananya Rp 20 juta,” ujarnya kepada jambiupdate.com Selasa (14/4).

    Awalnya sekitar 30 orang anggota kelompok tani Maju Karya diberi bantuan Rp 6 juta melalui rekening Kelompok Tani untuk pembelian bibit empari 28 dan pembelian pupuk organik. Namun, dana untuk pengolahan tanah Rp 6,5 juta dan dana perawatan Rp 7,5 juta tidak disalurkan kepada petani.

    Samsir, Bendahara Kelompok Tani Maju Karya menyebutkan hasil konfirmasi pihaknya ke Distan Kabupaten Kerinci dana tersebut telah turun dan masuk ke rekening. Namun, saat anggota kelompok tani menanyakan ke Ketua Kelompok Tani, dana tersebut tidak ada. ”Pencairan dana pertama saya diikutkan, tapi pencairan dana kedua dan ketiga tidak jelas, karena saya tidak tahu,” ucapnya.

    Walaupun demikian, karena bibit sudah ada, petani tetap menanam padi dan merawat tanaman padinya dengan menyemprot padi dengan obat-obatan. Namun, hasilnya tidak bagus, sekitar 75 persen padi petani gagal panen. “Buah padi tidak keluar, sehingga kita gagal panen,” ujarnya.

    Dia mengungkapkan, selama program tersebut berjalan tidak ada pemantauan pihak Distan maupun PPL kelapangan. “PPL hanya turun saat kita nanam, kalau pihak Distan tidak ada,” ucapnya.


    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen, Petani Koto Majidin Kerinci Menjerit

    jambiupdate.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen, Petani Koto Majidin Kerinci Menjerit Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library