• Pilihan

    Usulan Pemekaran Kec Keliling Danau Sudah Diserahkan Ke Pemkab Kerinci

    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Usaha untuk memekarkan Kecamatan Keliling Danau menjadi Kecamatan Keliling Danau Barat dan Kecamatan Keliling danau, terus dilakukan Pemerintah Kecamatan Keliling Danau. Saat ini usulannya sudah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci.

    Camat Keliling Danau, Rapuan Kamal mengatakan, pada Senin (13/4) panitia pelaksana pemekaran Kecamatan Keliling Danau sudah menyampaikan usulan pemekaran ke Pemkab Kerinci.

    "Saya sudah tanda tangani surat usulannya, ada tujuh rangkap untuk diserahkan ke instansi Pemkab terkait dan DPRD Kerinci," ungkapnya.

    Dikatakannya, dalam usulan tersebut pihaknya langsung merincikan pembagian dari wilayah pemekaran dari Kecamatan Keliling Danau yang saat ini berkapasitas 32 desa dari Tanjung Pauh Mudik hingga Tanjung Batu.

    Pembagian daerahnya, yaitu 14 Desa untuk Kecamatan Keliling Danau Barat dan 18 Desa untuk Kecamatan Keliling Danau.

    "Rencananya ada usulan Tanjung Pauh Hilir dan Semerap yang akan dijadikan lokasi Pusat Pemerintah Kecamatan Keliling Danau Barat," terangnya.

    Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kerinci, Indri Firman mengaku menerima informasi akan adanya rencana pengusulan pemekaran Kecamatan Keliling Danau oleh Pemerintah Kecamatan Keliling Danau.

    Saat ini, pihaknya masih menunggu usulan secara tertulis dan remi yang disampaikan pihak Pemerintah Kecamatan Keliling Danau kepada pihaknya.

    "Surat usulannya belum sampai kepada kita," katanya.

    Ditanya terkait bisakah Keliling Danau dimekarkan, Kabag Administrasi Pemerintahan yang juga Pelaksana Tugas Camat Batang Merangin tersebut mengatakan pemekaran Kecamatan Keliling Danau bisa saja dilaksanakan.

    Namun harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, yaitu didasarkan Undang-undang 23 tahun 2015 yang baru diterbitkan Pemerintah Pusat.

    "Secara teknis belum bisa dilaksanakan, karena kita masih menunggu Ppnya," sebutnya.

    Meski demikian, lanjutnya secara non teknis jika usulan tersebut telah disampaikan kepada pihaknya mungkin bisa dilaksanakan, namun dngan ketentuan pelaksanaannya harus memenuhi syarat yang ditentukan Undang-undang tersebut.

    "Dasar dari Pemekaran harus dipaparkan, kita sedikit ada kendala berdasarkan UU 23 Tahun 2015 tersebut syarat teknisnya pemekaran Kecamatan adalah PAD APBD Pemkab Kerinci harus 10 persen, sedangkan PAD kita hanya 5 persen. Ini yang berat, kita tunggu saja PP nya mana tahu ada perubahan," jelasnya



    Kerincinews.com Email : kerincinews@gmail.com Twitter : @kerincinews1 Terima kasih telah membaca :Usulan Pemekaran Kec Keliling Danau Sudah Diserahkan Ke Pemkab Kerinci

    metrosakti.com
    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Usulan Pemekaran Kec Keliling Danau Sudah Diserahkan Ke Pemkab Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Adminn Kerincinews
    Scroll to Top
    //add jQuery library