• Pilihan

    IKAMARU-PADANG GELAR IKAMARU SILENT EFFECT PENTAS BUDAYA ADAT


    KERINCINEWS.COM, KERINCI - Ikatan Mahasiswa Koto Baru-Padang (IKAMARU-P) menyelenggarakan IKAMARU-P Silent Effect Pentas  Budaya Adat Sembilan Luhah  Koto Baru dengan tema Angi Iloa Lah Dapiak, Angi Patoah Lah Tumbuaoh yang bertempat di  Gedung Serbaguna Kec. Koto Baru, Senin hingga Rabu (18-20/6/2018).

    Kegiatan ini dibuka langsung  oleh  Camat Koto Baru  Desrizal, S.Pd., MM dan ditutup oleh Ketua DPD  KNPI Sungai Penuh Fikar Azami, SH., MH dan diikuti oleh  lebih kurang 70 orang peserta lomba dari setiap desa se-Kecamatan Koto Baru. Kegiatan IKAMARU-P Silent Effect merupakan estafet dari acara yang diadakan pertama kalinya pada tahun 2017. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan perlombaan Parno Adat, Lomba Rangguk, dan Pemilihan Bujang Gadis dengan tujuan untuk melestarikan adat dan budaya lokal agar tidak punah di tengah maraknya budaya asing.

    Ketua DPD KNPI Sungai Penuh, Fikar Azami, SH., MH menyampaikan bahwa kegiatan yang diadakan oleh IKAMARU-P Silent Effect  Pentas Budaya Adat Sembilan Luhah Koto Baru pantas diapresiasi setinggi-tingginya, karena kegiatan ini mampu mempertahankan nilai-nilai budaya di tengah kemajuan zaman. Selain itu, kegiatan ini tentunya mampu menjaga dan meningkatkan silahturahmi antar sesama.

    “Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap ditelah oleh gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing. Anak-anak bangsa akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerahnya masing-masing yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia,” ujarnya.

    Ketua Pelaksana IKAMARU-P Silent Effect, Rafi Mandala Putra juga menyampaikan bahwa demi menciptakan generasi yang unggul, inovatif, dan kreatif Ikatan Mahasiswa Koto Baru mengadakan acara tersebut dengan menyatukan ide-ide cemerlang IKAMARU-P.

    “Semoga untuk ke depannya IKAMARU-P lebih maju lagi, memiliki integritas dan loyalitas, dapat mengangkat acara yang lebih bermanfaat dan bermartabat. Serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan. Jaya terus IKAMARU-P,” jelasnya.

    Bayu Setia Mahardika sebagai Steering Comimttee (SC) IKAMARU–P mengatakan bahwa kegiatan tersebut  digelar dengan megah dan meriah, tentunya kegiatan tersebut  berjalan dengan baik berkat kolaborasi seluruh panitia dengan seluruh upaya demi menyukseskan acara.

    “Selain untuk melestarikan budaya adat dan budaya lokal, kegiatan ini  juga bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar mahasiswa yang ada di Koto Baru, lapisan masyarakat, bahkan mahasiswa yang ada di Sungai Penuh. Harapan saya semoga generasi muda tetap mencintai adat dan budaya  lokal  terutama pemuda Koto Baru. serta  dapat mempertahankan budaya asli, sehingga anak cucu nantinya dapat melihat dan mengetahui kearifan lokal di tanah kelahirannya,”  jelasnya. (*) 



    • Komentar G+
    • Komentar Facebook

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: IKAMARU-PADANG GELAR IKAMARU SILENT EFFECT PENTAS BUDAYA ADAT Rating: 5 Reviewed By: Afyan tori
    Scroll to Top
    //add jQuery library